Monday, April 24, 2017

Fakta!! 5 Buah Ini Dapat Mengencerkan Darah di Dalam Tubuh

No comments :
Penggumalan darah dalam tubuh
Penggumpalan Darah Dalam Tubuh

Penggumpalan darah bukanlah penyakit yang bisa diabaikan begitu saja, justeru penggumpalan ini bisa menyebabkan beberapa hal yang tidak diinginkan pada kondisi kesehatan, misalnya saja kerusakan pada kardiovaskuler, kerusakan pada syaraf, nyeri disekitar aliran darah dan masih banyak lagi. Adanya kandungan yang merugikan tubuh seperti zat yang terkandung dalam alkohol dan rokok menjadi penyebab terjadinya penggumpalan/pengentaln darah. Selain itu, kolestrol juga dapat menjadi pemicu dari penggumpalan darah, kandungan lemak berlebih di dalam tubuh ini kurang baik bagi kesehatan.
Pengenceran darah di dalam tubuh sangatlah dibutuhkan, sebab peranan darah sangatlah penting guna menjadi pengangkut zat-zat yang diperlukan tubuh untuk disalurkan ke seluruh organ. Setelah melalui berbagai proses penyaringan layaknya asupan nutrisi, maka mampu diolah dengan baik berkat lancarnya aliran darah. Untuk mencegah atau mengatasi penggumpalan darah kita perlu menerapkan langkah-langkah aman . salah satunya adalah mengonsumsi buah-buahan yang yang dapat mengencerkan kembali darah kita. Agar lebih nikmat mengonsumsinya, buah tersebut bisa kita jadikan jus.

1.      Anggur Merah/ Ungu
Berdasarkan hasil penelitian University of Wisconsin, menunjukkan bahwa flavonoid yang terkandung dalam buah anggur ini kuat untuk mencegah terjadinya pengentalan atau pembekuan darah. Mengonsumsi buah anggur merah/ungu sebanyak 5 sampai 7 buah/ minum jus buah anggur setiap hari merupakan jumlah yang cukup ideal.

2.      Buah kiwi
Selain khasiatnya yang bermanfaat untuk menunjang program diet dan membantu menyehatkan jantung, ternyata buah kiwi juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena risiko pembekuan darah dapat dikurangi. Hal ini telah dibuktikan oleh para peneliti di University of Oslo. Caranya dengan mengonsumsi 2 sampai 3 buah kiwi perhari, atau dapat menjadikannya sebagai jus kiwi.

3.      Buah Nanas
Buah nanas selama ini dikenal dengan manfaat hebatnya yang dapat menurunkan kolestrol, namun ternyata kandungan Bromelain dalam buah nanas dapat membantu meminimalkan risiko pembekuan darah, selain itu juga dapat mengurangi pembentukan plak di arteri.  Kita dapat mengonsumsinya setiap hari dengan cara mengolahnya menjadi jus. Minum jus nanas secara rutin agar mencapai hasil yang maksimal.

4.      Buah Tomat
Jika selama ini kita mengonsumsi buah tomat untuk mengobati sariawan, kini buah tomat juga dapat dijadikan sebagai asupan gizi untuk menghindari pembekuan darah. Selain buah ini gampang ditemukan, harganya pun terjangkau. Kandungan enzim bromelain dalam buah tomat akan mencegah terjadinya pembekuan darah. Konsumsilah 3-5 buah tomat dalam sehari agar hasilnya maksimal.

5.      Buah Mangga
Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan dalam Thrombosis Research, menunjukkan bahwa kandungan vitamin E dalam buah mangga memiliki peranan yang baik sebagai antikoagulan. Kandungan tersebut terbukti mampu menghambat trombosit jika jumlahnya terbilang tinggi. Karena tingginya trombosit dapat membahayakan kesehatan tubuh. Konsumsilah buah mangga secara rutin, setidaknya satu buah perhari. Atau dapat diolah menjadi jus.

Saat mengonsumsi buah-buahan diatas, setidaknya tubuh juga mendapatkan asupan air putih, diiringi dengan berolahraga sebagai peregangan serta menghindari hl-hal yang dapat menyebabkan penggumpalan darah.

No comments :

Post a Comment