Sunday, April 9, 2017

BAHAYA !!! Nasi di magic com lebih dari 12 jam beracun. BENARKAH ????

No comments :

Banyak blog yang mengatakan bahwa nasi yang dipanaskan di magic com lebih dari 12 jam akan berubah menjadi racun. Seperti kisah berikut yang saya kutip dari beberapa blog :

Karena nyatanya nasi dari magic com boleh dimakan. Namun dengan syarat, tidak boleh lebih dari 12 jam di dalam magic com dengan kondisi terus terusan dihangatkan.
“Karena nasi yang terus dihangatkan dalam magic com, saat lebih dari 12 jam ia akan berubah menjadi racun”, kata Pak Anto memperingatkan. Sehingga ketika memasak nasi dan sudah lebih dari 12 jam, ia menyarankan untuk mengeluarkan nasi tersebut dari magic com dan dipindahkan saja di tempat nasi.
Ia melanjutkan, “Nasi yang baik adalah nasi yang dimakan saat sudah dingin, bukan nasi hangat. Karena nasi dingin memiliki kadar gula yang lebih rendah.” Inilah mengapa sekarang banyak anak menderita diabetes. Karena mereka terbiasa makan nasi hangat dari magic com. Beda dengan orang zaman dahulu yang dimasak di langseng atau dandang kemudian jika sudah matang akan di letakkan di tempat nasi. Dengan demikian nasi tidak terus menerus dihangatkan.

Dari kisah tersebut ternyata, belum dibuktikan dengan benar, karena belum ada penelitian mengenai hal tersebut. Dari staf Divisi Metabolik Endokrin Departemen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr. Em Yunir, mengatakan hal ini belum ada data penelitiannya, sehingga belum diketahui kebenarannya. Bahkan ini hanya merupakan testimoni seseorang saja, sehingga ini masih bersifat subyektif.
Maka bagi masyarakat jangan lah khawatir akan hal tersebut, masak dan konsumsi nasi sewajarnya sesuai kebutuhan, sehingga akan cepat habis, ini akan aman-aman saja.

So,, tetap jaga makanan dengan sekadarnya.

No comments :

Post a Comment