Monday, April 24, 2017

Inilah Bahaya Duduk dengan Kaki Menyilang

No comments :


Inilah Bahaya Duduk dengan Kaki Menyilang!

       Duduk dengan menyilangkan kaki atau dengan satu kaki diletakan diatas kaki lainnya mungkin sudah menjadi suatu kebiasaan, khususnya bagi kaum hawa. Duduk dengan posisi kaki menyilang memang dapat memberikan kesan anggun dan tegak. Namun tahukah Anda jika duduk menyilang dilakukan secara terus-menerus ternyata berbahaya bagi kesehatan?

Berdasarkan hasil survey diperkirakan lebih dari 60% orang memilki kebiasaan duduk menyilang, terutama kaum perempuan. Mereka merasa nyaman dengan posisi duduk menyilang.
Duduk dengan kaki menyilang ternyata tidak baik untuk kesehatan tulang. Posisi duduk seperti ini dapat menyebabkan sakit punggung dan sakit leher, karena postur tidak akan ideal dengan pinggul berada dalam posisi bengkok.

Penelitian juga menyebutkan bahwa duduk menyilang dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini karena darah di kaki harus bekerja melawan gravitasi yang akan dipompa kembali ke jantung. Dengan posisi satu kaki lebih tinggi dari yang lain, akan membuat darah sulit untuk beredar, sehingga meningkatkan tekanan darah.

Duduk dengan kaki menyilang selama 15 menit juga dapat menyebabkan mati rasa. Sedangkan jika dilakukan dalam jangka panjang dapat memicu terjadinya stroke.Sedangkan bagi kaum perempuan apabila kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus, maka dapat menyebabkan infeksi jamur vagina, karena tidak ada sirkulasi udara segar ke wilayah vagina.

Berdasarkan pemaparan diatas, maka alangkah lebih baiknya kita hindari kebiasaan duduk menyilang. Karena meskipun posisi duduk tersebut akan memberi kesan anggun dan nyaman, akan tetapi dapat membahayakan kesehatan.

*semoga bermanfaat

No comments :

Post a Comment