Monday, June 12, 2017

Awas Bahaya ! jangan nyalakan kipas angin kearah badan pada waktu tidur

No comments :


Awas Bahaya ! jangan nyalakan kipas angin kearah badan pada waktu tidur


Pada waktu ingin tidur jika suasana panas pasti adem dan enaknya nyalakan kipas agar dapat tertidur pulas, apalagi yang sudah biasa susahkan untuk menghentikan kebiasaan itu. Nahh, apa sudah tau dampak bahaya menyalakan kipas yang mengarah pada badan saat tidur. Mari kita simak :

1.      Tubuh kekurangan oksigen

Dampak negative yang pertama terjadi pada tubuh jika sering tidur menggunakan kipas angin adalah tubuh kekurangan oksigen. Ini akan terjadi jika kipas diarahkan kewajah pada bagian mulut dan hidung, ya tentunya rasanya enak seger tetapi jika didalam ruangan tanpa fentilasi udara hanya akan berputar-putar didalam ruangan tanpa bisa diperbarui sehingga oksigen tidak dapat berfungsi dengan baik ketika dihirup oleh tubuh kita.

2.      Suhu pada tubuh menurun drastis

Pada saat hembusan angina menerpa tubuh didalam ruangan tentunya suhu tubuh menurun, pada saat suhu ruangan sudah adem tentunya kipas masih berputar terus menerus yang kemudian suhu tubuhpun menurun terus-menerus bahkan bisa menurun secara drastis. Hal ini terjadi secara tiba-tiba pada saat tekanan darah dan system pernafasan terganggu dampaknya fatal yang mana mengganggu fungsi jantung dan paru-paru pada tubuh. Kalau sering tidur pakai kipas periksa jantung  dan paru-paru ke dokter segera.

3.       Dehidrasi

Nah, selanjutnya adalah dehidrasi bahkan bisa hipotermia, Yang pernah dijelaskan oleh Dr. Wendra Ali, seorangahli syaraf. Menurutnya ketika sseorang berada pada suatu ruangan dingin dalam waktu yang lama maka tubuh akan mengalami kekeringan akibat kerja udara dingin yang menyerap air dalam tubuh. Apabila terjadi terus-menerus sepanjang malam maka kelembapan tubuh akan kekeringan sehingga kita mengalami kehausan bahkan dehidrasi. Dan kemungkinan bisa terserang penyakit hipotermia.

4.      Gejala Hipotermia

Hipotermia biasanya terjadi didaerah ketinggian sering juga dialami oleh anak gunung. Namun bisa juga terjadi pada kita jika kondisi tubuh terasa sangat dingin walaupun didaerah dataran rendah sekalipun. Kondisi kedinginan ini bisa menyebabkan tubuh membeku akibat pembuluh darah yang mengerut yang bisa memutuskan aliran darah ke hidung, telinga, jari tangan, dan kaki. Sehingga tubuh bisa menggigil sebab suhu tubuh didalam sudah gagal dijaga dalam suhu yang normal.
Gejalannya apabila suhu kurang dari 36 C atau kedua kaki dan tangan terasa dingin, selanjutnya bisa dibilang hipotermia berat jika suhu tubuh kurang dari 32 C. ini suhu tubuh bukan suhu didalam ruangan.

5.      Penyakit bell Palsy

Jangan menganggap remeh dampak negative memakai kipas angina pada saat tidur, kamu bisa saja terkenal penyakit bell palsy. Pentyakit dimana syaraf pada wajah menjadi tegang, sulit senyum dan susah berekspresi. Hal ini terjadi karena udara yang terus menrus menerpa wajah sepanjang malam.
Dari pada punya wajah asimatris dan kaku ? lerbih baik hindari kipas dari muka.

6.      Menyebabkan Kematian

Ini adalah dampak terburuk dan terparah, seperti yang pernah saya dengar seseorang meninggal didepan kipas bisa jadi karena kipasnya ataupun hal lain hehe. Namun jika seseorang sering terkena kipas angina bisa mengakibatkan kematian mendadak. Catatan kipas angin pembunuh ini datang saat kita menggunakan kipas sepanjang malam pada ruangan tanpa fentiasi udara. Peristiwa kematian ini bisa terjadi akibat peningkatan kadar CO2 dan penurunan O2 dalam ruangan. Jika saja oksigen menipis bahkan tidak ada kitapun bisa ikut tiada.

No comments :

Post a Comment