Friday, June 30, 2017

Ponselmu Bisa Membunuhmu Saat Kamu Tidur

No comments :
Bahaya-Tidur-Dekat-HP

Kalian pasti sering tidur dengan menaruh HP dekat dengan kalian tidur, atau bisa jadi kalian menaruh HP disamping kepala kalian ketika tidur. Kalian tidak pernah menyadari bahwa hal tersebut bisa berdampak buruk pada kesehatan. 
Survei telah membuktikan bahwa lebih dari setengah pengguna ponsel atau HP menaruhnya di atas tempat tidur. Mereka beralasan dengan menaruh HP di atas tempat tidur maka akan memudahkan ketika mematikan alarm. 
Persentase menunjukkan bahwa 63% pengguna smartphone yang berusia 18-29 tahun, benar-benar tidur bersama gadget mereka, baik itu smartphone atau pun tablet.
Kebanyakan dari mereka pada malam hari bermain HP, baik itu ngegame, chattingan, ataupun asik dengan sosial media lainnya. Dan parahnya mereka biasanya langsung ketiduran dengan kondisi HP berada di sebelah kepala.

Perlu kalian ketahui bahwa semua hal diatas sangat berbahaya untuk kesehatan kalian.
Menurut penelitian, HP jenis apapun dapat mengeluarkan  radiasi elektromagnetik yang dapat menunda serta mengganggu tidur yang berkualitas. Radiasi dari handphone dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi dari aktivitas  tubuh sepanjang hari. Selain itu, penelitian lain yang dilakukan oleh Institut Teknologi Massachusetts atau MIT menunjukkan adanya pengaruh radiasi telepon genggam yang sanggup mempengaruhi sistem stres di dalam otak.
Pengguna yang membiarkan HP mereka berada di tempat tidur akan terkena Hypervigilance. Ini merupakan suatu gejala otak yang dapat membuat seseorang mengalami rasa tegang dan kewaspadaan secara terus menerus.
Selain itu, ponsel memiliki pancaran radiasi tinggi yang tak kasat mata, hal ini menyebabkan seseorang tidak menyadari akan bahayanya. Menurut data WHO, radiasi ponsel bersifat karsinogenik yang dapat mempengaruhi susunan saraf manusia, yang akhirnya dapat menyebabkan kanker atau tumor.

Karena itulah, sebelum terlambat berhati-hatilah dalam menggunakan HP di kehidupan sehari-harimu. agar HP tidak berdampak negatif, maka gunakan HP sewajarnya dan sesuai dengan cara pemanfaatannya. Jaga Kesehatanmu sejak dini. 

No comments :

Post a Comment