Thursday, June 22, 2017

Benarkah kacang dapat menimbulkan jerawat?

No comments :


Kacang merupakan jenis makanan yang sering disebut oleh orang Indonesia sebagai penyebab jerawat. Sebenarnya tidak salah sih, karena kacang sendiri memiliki kandungan androgen yang mengakibatkan produksi sebum meningkat. Peningkatan produksi sebum inilah yang mengakibatkan orang yang mengkonsumsi kacang biasanya memiliki wajah yang berminyak dibandingkan orang yang tidak hobi makan kacang. Sebenarnya bukan kacang yang ada di peyek saja yang meningkatkan produksi sebum, namun kacang mete maupun almond juga memiliki kandungan androgen yang bisa meningkatkan produksi sebum.
Sebagian orang ada yang mengaitkan penyebab jerawat akibat dengan makanan tertentu. Contohnya adalah mengkonsumsi kacang – kacangan. Kacang merupakan buah yang tumbuh didalam tanah yang biasa disebut juga dengan polong – polongan. Kacang memiliki bentuk sedikit bulat dan lonjong dengan ukuran yang kecil. Kacang bisa dikonsumsi setelah sebelumnya digoreng atau direbus terlebih dahulu sesuai dengan selera.
Lemak yang sehat yang baik untuk melindungi organ – organ dalam tubuh dari benda luar.
Protein adalah senyawa yang berguna untuk mergenerasi organ – organ didalam tubuh.
Vitamin yang memberikan nutrisi dan kesehatan didalam tubuh.
Beberapa kandungan didalam kacang juga baik untuk melancarkan air susu ibu bagi ibu yang kesulitan untuk mengeluarkan asinya sebagai sumber makanan bagi bayi. Namun tumbuhnya jerawat pada kulit wajah sama sekali tidak ada hubungannya dengan mengkonsumsi kacang terutama makan kacang hanya sesekali saja. Justru yang tidak diperbolehkan adalah mengkonsumsi kacang jika berlebihan. Begitu juga dengan mengkonsumsi makanan lainnya sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Ini karena saat mengkonsumsi kacang secara berlebihan dapat mengaktifkan kelenjar minyak yang terdapat dilapisan kulit bawah. Kelenjar minyak ini aktif karena kandungan lemak yang terdapat pada kacang. Oleh sebab itu jika ingin mengkonsumsinya ada baiknya secukupnya saja.

Semoga bermanfaat.

No comments :

Post a Comment