Monday, July 3, 2017

9 Rahasia Bisa Hidup Sehat Sampai Tua Ala Orang Cina Kuno

No comments :
Setiap orang pastinya memiliki keinginan untuk hidup sehat sampai tua. Tidak menderita penyakit jantung, asam urat, darah tinggi, kolestrol, TBC, dan penyakit lainnya yang membuat seseorang tidak bisa menikmati hidupnya dengan nyaman.

hidup-sehat-ala-tiongkok

Tiongkok atau yang sering disebut Cina sudah sangat terkenal dengan literatur kesehatannya. Banyak buku-buku kesehatan yang menjadi pedoman hidup orang Tiongkok sejak ribuan tahun lalu. Warga disana bisa berumur sampai beratus-ratus tahun. Hal ini dikarenakan pola hidup sehat yang dilakukan secara teratur dan disiplin oleh warga Tiongkok.


Mereka sebagian besar tidak hanya peduli terhadap pola makan, melainkan mereka juga memperhatikan emosi, cara berfikir, dan perasaan yang memiliki andil besar dalam hal tersebut.

Berikut 9 rahasia orang Cina Kuno yang harus diperhatikan dan dilakukan agar bisa hidup sehat sampai usia tua.

  1. Hindari makanan yang berkalori tinggi.
Berlebihan dalam mengonsumsi daging sapi, daging kambing, buah durian, serta alkohol merupakan hal yang tidak baik, sebab dapan mengakibatkan keadaan yin dan yang tidak sebandng. dan hal tersebut dapat mengakibatkan tubuh menjadi sakit.
  1. Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang.
Pola makan yang sehat adalah memperhatikan asupan yang berupa karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat dan air. Namun semuanya itu jangan berlebihan.
  1. Batasi makanan yang mengandung kolestrol tinggi.
Sebaiknya kita mengetahui kandungan kolesterol yang ada dalam makanan yang kita makan. Kolesterol sebenarnya penting, namun jika berlebihan akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Ini sangat berbahaya.
  1. Mengatur pola makan sehari-hari.
Penyakit merupakan perhitungan dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari selama hidup. Mutu dari sebuah makanan jauh lebih utama dibanding banyaknya makanan tersebut. Konsumsi makanan yang sehat,idealnya yaitu 20% protein dan 80% sayuran.
  1. Mengurangi egoisme dan hidup dengan sederhana.
Orang yang hidupnya sederhana, adalah orang yang tidak banyak keinginan, tidak tertarik pada hal duniawi secara berlebihan, tidak sombong dan memiliki pikiran yang tenang dan sederhana. Menurut Lao Zi, bagi orang yang sudah merasa cukup, hidupnya selalu bahagia.
  1. Kerja dan istirahat yang seimbang.
Idealnya setiap orang perlu waktu 8 jam untuk tidur. Jika tidurnya kurang bisa ditambah dengan tidur siang satu atau dua jam. Kualitas tidur yang baik adala tidur nyenyak seperti bayi. Mereka yang banyak pikiran dan masalah dalam hidup memiliki kualitas tidur yang rendah, banyak mimpi buruk
  1. Bentuklah keluarga yang rukun dan harmonis.
Keluarga adalah surga yang sesungguhnya bagi hidup manusia. Jika suami isteri dan anak-anak saling mengasihi dan mau berkorban, keluarga akan menjadi harmonis dan menyenangkan.
  1. Melakukan aturan "yin yang".
Kesehatan yang utuh hanya dapat dicapai dengan menjaga kesehatan jasmani (yang) dan membangun  kebijakan pada kehidupan spiritual (yin). Apabila tingkatan tersebut telah diraih maka kita dapat menikmati kebahagiaan dan keseimbangan.
  1. Perbanyak minum air putih.
Funsinya yaitu untuk menjaga cairan dalam tubuh dan memproduksi detoksisasi secara cermat dan alamin. Zat-zat yang tidak berguna yang merupakan sisa produk katabolis pada darah dikeluarkan melalui keringat, ketika kencing dan buang air besar.



No comments :

Post a Comment