Tuesday, June 13, 2017

Kebutaan ! akibat dari Kebiasaan menghadap dan bermain HP sambil tiduran

No comments :

Kebutaan ! akibat dari Kebiasaan menghadap dan bermain HP sambil tiduran 

  Di zaman sekarang ini siapa yang tidak memiliki HP bahkan rata-rata sudah mempunyai smartphone yang canggih dan bisa ngapain aja bahkan bisa menjadi pekerjaan tersendiri. Ada yang hobi menggunakan sosmed, bermain game dan ada juga yang hanya untuk telfon dan sms. Apalagi yang sudah difasilitasi camera depan terutama wanita yang hobi selfiria, dan lebih menyenangkannya lagi bisa untuk video call. Mungkin ada juga yang pekerjaannya maenan HP tetapi menghasilkan uang yang banyak. Jika digunakan dengan sebagaimana mestinya hasilnya positif, namun kebanyakan sekarang banyak orang tidak memperhatikan cara penggunaannya. Sekarang marak sekarang kemanapun selalu membawa smartphonenya tidak saat maen, makan, duduk, nongkrong bahkan sambil tiduran. Ini hal yang harus diketahui oleh khalayak ramai terutama peringatan untuk masyarakat yang menggunkan smartphonenya dengan tiduran bisa menyebabkan kebutaan  yang tidak sadar akan bahaya terhadap kesehatan yang juga mengandung radiasi dan macam-macam lainnya seperti :
1.       Dapat menyebabkan kanker
Hampir sama dengan tumor otak, yang bermula akibat dari adanya radiasi dari pancaran smartphone ini yang mengganggu dan merusak sel-sel dalam tubuh menjadi tidak terkendali yang kemudian sel yang tidak normal ini menyerang jaringan-jaringan pada tubuh yang dekat dengan ponsel ataupun menempel dengan ponsel jika terjadi secara terus-menerus dapat menimbulkan Tumor (kanker).
 2.       Gangguan mata bahkan bisa kebutaan
Radiasi yang dipancarkan dari smartphone dan cahaya yang terlalu sering menghadap ke mata yang otomatis menggangu kornea mata, frekuensi kedip dan menyebabkan mata menjadi kering bahkan kebuataan jika sudah muncul rasa sakit atau gejala lain namun masih bermain menghadap smartphone terlalu lama bahkan dengan posisi tiduran.
3.       Dapat menyebabkan tumor otak
Radiasi ponsel dapat mempengaruhi terbentuknya neoplasma dari regenerasi sel yang tidak wajar atau tidak normal. Umumnya tumor otak menyerang orang dewasa pada usia produktif, namun tidak sedikit pula ditemukan kasus di mana tumor juga dapat menyerang anak-anak. Oleh karena itu, mulai saat ini usahakan untuk tidak menggunakan ponsel terlalu sering, apalagi sampai dibiasakan tidur di dekatnya. Terlebih untuk anak-anak yang masa depannya masih panjang.
4.       Dapat menyebabkan serangan jantung

Pada beberapa kasus pernah ditemukan seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung tiba-tiba meninggal dunia seketika ketika mendengar ponselnya berdering di tengah malam, bisa jadi yang bersangkutan kaget sehingga mengalami serangan jantung. Yang satu ini bisa terjadi jika sudah mengidap penyakit jantung.
5.       Menghambat metabolisme tubuh
Diketahui bahwa ketika seseorang tertidur sesungguhnya di saat inilah metabolisme tubuh sedang bekerja dengan aktif apalagi pada saat jam10 sampaijam 2 pagi metabolism terjadi secara sempurna. Oleh karena itu, bila seseorang terpapar radiasi ponsel atau bila tidur jadi tidak nyenyak, maka proses metabolisme tubuh akan terhambat, sehingga proses pencernaan makanan atau pun proses detoksifikasi racun di dalam tubuh juga ikut terganggu.
6.       Tidur tidak akan nyenyak
Ponsel dapat membuat seseorang jadi tidak bisa tidur dengan nyenyak, entah karena asyik memainkan permainan, bertelepon ria dengan pacar, sibuk membalas pesan dari kolega, atau membaca informasi-infromasi dari internet. Ponsel juga dapat menyebabkan si pemiliknya selalu merasa was-was, merasa gelisah dan tegang. Bahkan ada orang sangat kuatir dengan smartphone sehingga setiap waktu terus dicek.
7.       Mengganggu pembentukan hormone melatonin
Ponsel atau gadget lainnya menggunakan cahaya LED sebagai cahaya penerangan ada layarnya. Cahaya LED sendiri memancarkan energy yang tinggi yang dapat mempengaruhi pembentukan hormone melatonin tersebut. Hormon melatonin sendiri di produksi oleh kelenjar pineal di otak manusia hormone ini sangat berguna untuk manusia, karena hormone ini berfungsi sebagai pengatur kapan kita tidur dan kapan kita bangun serta mengatur ritme detak jantung.
Demikian beberapa bahaya atau dampak negative dari terlalu sering menghadap dan bermain smartphone apalagi dengan tiduran, yang sudah terbiasa mohon dihilangkan dan yang belum pernah atau jarang jangan dilakukan key.



No comments :

Post a Comment