Tuesday, June 27, 2017

Bahaya Gosok Gigi Setelah Bangun Tidur

2 comments :
Bahaya_Gosok-Gigi-Setelah_Bnagun_Tidur

"Bangun tidur kuterus mandi, tidak lupa menggosok gigi."

Ingat bukan kalian terhadap lagu masa kecil itu? Ya lagu masa kecil dengan lirik yang sudah melekat pada setiap orang ini harusnya dimodifikasi ulang. Kenapa? Pasalnya ada informasi yang kurang tepat yang dismapaikan dalam lirik lagu tersebut.

Kebanyakan dari orang Indonesia kurang peduli dengan kesehatan gigi dan mulut. Ada sebagian yang peduli dan sadar akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut, namun dalam perawatannya mereka masih kurang tepat.
Prof. Melanie Sadono Djamil dari Fakultas Kedokteran Gigi Trisakti mengungkapkan bahwa menyikat gigi pada pagi hari setelah bangun tidur itu tidak baik, baiknya adalah 25 menit  setelah sarapan pagi.
Sebagian orang juga rajin menyikat gigi 2 kali dalam sehari. Mereka biasa setelah makan langsung menyikat gigi. Padahal itu membahayakan untuk kesehatan gigi.  Harusnya ada jeda 25 menit setelah makan baru bisa menggosok gigi.
Dielaskan oleh Melanie, bahwa di dalam mulut terdapat saliva (air liur) yang bersifat buffer effect atau penyeimbang. Saat makan, PH normal saliva yang semula 6,8 akan turun hingga mencapai PH kritis, yaitu 4. Bila setelah makan langsung sikat gigi, maka struktur alami salvia tersebut akan rusak dan mempengaruhi fungsinya terhadap proses pencernaan. Oleh karena itu, sebaiknya tunggu sampai 20-25 menit sehingga PH saliva kembali normal.
Bahaya_Gosok-Gigi-Setelah_Bnagun_Tidur

Selain itu, langsung menyikat gigi setelah selesai makan juga dapat melemahkan email gigi. Terlebih lagi jika Anda usai mengonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam. Asam dapat 'membakar' enamel gigi dan lapisan di bawahnya yang disebut dentin.

Perhatikan juga ketika kamu berkumur, kamu bisa berkumur setelah menyikat gigi setelah rongga mulut cukup bersih. Dengan berkumur maka kuman-kuman yang masih menempel bisa keluar dengan air kumur tadi. Berkumur dengan larutan kumur bisa melepaskan sisa-sisa kotoran yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

Jadi, buat kalian jangan biasakan gosok gigi setelah bangun tidur, gosok gigilah 25 menit setelah makan dan sebelum tidur. Itu akan membantu menjaga kesehatan gigi kalian. Salam Sehat.

2 comments :