Thursday, June 22, 2017

Jangan bawa HP ke Toilet ! karena Berbahaya

No comments :


Jangan bawa HP ke Toilet ! karena Berbahaya.

 Dizaman sekarang ini rata-rata setiap orang sangat terikat dengan smartphone kemanapun selalu dibawa dan dicek bahkan bisa seratus kali keluar masuk tas ataupun saku saking terikatnya, ingin pergi membawa smartphone, ibadah membawa smartphone, makanpun dibawa bahkan saking parahnya ke toiletpun dibawa saking terikatnya. Padahal banyak juga dampak negative yang ditimbulkan oleh smartphone namun kurang tersadari oleh banyak orang.
Nah mungkin orang membawa smartphone ke toilet untuk hiburan agar tidak terasa bosan dan mungkin saking adanya kepentingan dismartphonnya. Siapa sangka bahwa smartphone jika dibawa ke toilet itu berbahaya, salah satunya bisa kena air ataupun jatuh ke toilet. Namun tidak hanya itu yang akan saya bahas bahaya smartphone jika dibawa ke toilet terhadap kesehatan. Beberapa orang mungkin sudah terbiasa membawa smartphone ke toilet, Kebiasaan itu tak hanya memengaruhi kesehatan mental melainkan juga fisik. Menurut beberapa ilmuwan, kebiasaan itu sangat buruk dan jorok karena bisa membuat Anda terpapar kuman macam Salmonella, E.coli, dan C. difficile melalui tangan yang baru saja memencet tombol flush, mengelap areagenital, lalu memegang ponsel. Hal mengerikan bukan, kuman tidak hanya berasal dari anda namun lingkungan juga.
Bahkan meletakkan ponsel jauh dari toilet pun tetap bisa membuat Anda terpapar bakteri, bahkan toilet umum! Tentunya anda dapat membayangakan bukan.
"Percikan air dari semprotan di toilet bisa terlontar sejauh enam kaki (182,88 cm)," kata Dr Lisa Ackerly pada Metro.co.uk. Alasan yang sama berlaku seperti kenapa Anda tak boleh menyimpan sikat gigi dekat dengan toilet.
Ackerley menjelaskan, dia telah mengambil kuman yang ada di permukaan kamar mandi dan dapat langsung ditransfer ke telepon seluler. "Jadi, jika tangan Anda kotor dan terkontaminasi kuman atau bakteri, kemudian menggunakan ponsel, Anda telah mentransfernya,"katanya.
Jika dalam keadaan terpaksa, Ackerley menyarankan untuk menggunakan ponsel dengan satu tangan yang tidak menyentuh benda apa pun di toilet. Demikian seperti dilansir laman The Sun.

Kuman bisa bertahan hingga beberapa hari di ponsel karena pancaran panas yang ditimbulkan. Menurut Dr. Ron Cutler, lingkungan hangat membuat bakteri bertahan, dikutip dari laman Goodhousekeping. Mari hilangkan kebiasana membawa smartphone ke toilet dan kalau terpaksa berhati-hatilah.



No comments :

Post a Comment