Friday, June 23, 2017

Telapak Tangan Terasa Tertusuk Jarum? Waspadai Gejalanya!

No comments :

Kita harus rajin-rajin melakukan cek kesehatan untuk mendeteksi keberadaan penyakit dalam tubuh dan melakukan pengobatan sedini mungkin. Diabetes melitus atau kencing manis merupakan penyakit yang tidak bisa kita deteksi sendiri. Umumnya, gejala yang sering muncul adalah rasa haus yang berlebih. Untuk lebih waspada, ada baiknya kita mengetahui gejala diabetes.

Gejala pada diabetes tahap awal
Pada diabetes  awal, gejala yang bisa kita waspadai adalah intensitas buang air kecil yang terlalui sering. Gejala ini disebut poliuri, dimana penderita diabetes sering buang air kecil dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut dikarenakan kadar gula yang terlalu tinggi dan tidak mampu ditoleransi oleh ginjal. Dalam hal ini, ginjal akan menarik air dalam jumlah besar untuk dikeluarkan sebagai air seni, agar air seni tidak terlalu pekat. gejala diabetes yang disebut polidipsi juga akan tampak. Polidipsi merupakan gejala yang menyebabkan si penderita menderita rasa haus secara terus menerus. Gejala lain yang biasa muncul adalah polifagi. Pada gejala ini, penderita akan merasa lemas yang disebabkan oleh permasalahan pada insulin. Ketidak mampuan sel tubuh dalam menyerap gula berdampak pada kekurangan energi. Hal ini sangat mengganggu aktifitas karena otak mengalami kesusahan untuk fokus.
Jika anda mengalami salah satu atau dua jenis gejala-gejala tersebut, kemungkinan anda menderita diabetes melitus  tahap awal atau tahap 1. Untuk mencegah penyakit tersebut belanjut ke tahap kronis, kita bisa mencegahnya dengan beberapa hal. Diet karbohidrat serta olahraga rutin adalah tips yang sangat dianjurkan.

Gejala pada diabetes tahap lanjut/akut
Anda perlu waspada ketika anda mengalami ketiga gejala diabetes tersebut, karena bisa jadi anda telah menderita diabetes tahap akut atau tahap 2. Dalam tahap lanjut ini, penderita akan sering mengalami kesemutan, merasakan penebalan kulit, kulit terasa panas dan perih seperti ditusuk jarum. Selain itu, penderita akan sering mengalami kram, mudah lelah dan mengantuk, serta mengalami penurunan gairah seksual.
Gejala-gejala penyajit diabetes melitus tidak bisa dideteksi semudah kita mengamati gejala flu. Penyakit diabetes merupakan penyakit dalam yang kemunculannya tidak bisa disadari oleh si penderita. Maka dari itu, mengetahui tentang diabetes dan gejala-gejalanya akan sangat berguna untuk bisa mendeteksi penyakit tersebut sedini mungkin. Jika gejala diabetes tahap 1 muncul, anda bisa merasa sedikit tenang. Dengan penganangan sedini mungkin, anda bisa mencegah diabetes untuk berlanjut ke tahap 2 yang lebih sulit untuk ditangani.

So, waspadai gejalanya dan lakukan tindakan preventif ya!

No comments :

Post a Comment