Tuesday, July 11, 2017

KUNCI HIDUP SEHAT DAN AWET MUDA

No comments :


Kesehatan merupakan anugerah yang tak ternilai harganya namun terkadang, kita lupa untuk menjaga dan mensyukurinya. Cara menjalankan pola hidup sehat sebenarnya tidak lah susah, sederhana dan mudah saja untuk dilakukan. Anda hanya perlu memperhatikan kebiasaan kecil sehari-hari dan bila perlu merubahnya supaya lebih berguna bagi kesehatan tubuh.

Bila kebiasaan buruk tersebut kamu lakukan terus menerus, maka penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes, dan bahkan serangan jantung akan sangat mudah sekali menyerangmu. Tak perlu cemas, kali ini saya akan bagikan beberapa tips gaya hidup sehat yang luar biasa dari para pakar kesehatan. Penasaran kan bagaimanakah cara hidup sehat itu? Berikut beberapa langkah untuk menuju pola hidup sehat yang wajib kamu lakukan saat ini.

10 Tips Perawatan Tubuh untuk Menjaga Kebugaran Tubuh

1.   Cukup istirahat
Untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh, perawatan tubuh yang harus Anda penuhi secara maksimal adalah istirahat dengan tidur yang berkualitas. Saat sedang dalam kondisi tidur lelap tubuh kita bekerja untuk melakukan penyembuhan penyakit, memulihkan kesegaran, dan melakukan proses regenerasi sel. Oleh karena itu gejala insomnia bisa memicu munculnya penyakit lain karena tubuh kurang istirahat.

2.   Singkirkan stress
Beberapa gangguan fisik bisa terjadi akibat gangguan psikis atau stres, dimana kita merasa tertekan akibat suatu masalah atau pekerjaan yang menyita pikiran. Gangguan kesehatan yang dipicu oleh stres misalnya migrain, sakit punggung, nyeri leher, gangguan pernapasan, dan sebagainya. Untuk membuat stres menyingkir Anda dianjurkan melakukan relaksasi seperti rekreasi bersama keluarga, berlatih yoga, atau melakukan hobi lebih sering.

3.   Olahraga
Olahraga secara teratur merupakan salah satu cara hidup sehat yang harus dilakukan. Secara rutin akan membuat tubuh Anda lebih bugar dan stamina Anda lebih terjaga. Penelitian telah membuktikan bahwa melakukan olahraga yang disukai dapat memicu produksi hormon endorfin yang dapat membuat kita menjadi lebih bahagia. Jadi berolahraga adalah salah satu cara untuk melakukan perawatan tubuh wanita atau pria.


4.   Atur pola makan
Bila anda ingin memiliki penampilan yang awet muda, pilih makanan berkalori sebagai asupan energi serta untuk menjaga suasana hati dan yang mampu meningkatkan metabolisme, kesehatan jantung serta mengelola stres. Perbanyak makan sayuran beserta akarnya, buah-buahan dengan glikenik rendah (pisang, apel, anggur, jeruk, kiwi, pear), serta makanan yang mengandung protein nabati dan protein tanpa lemak.

5.   Bersosialisasi
Berteman dan bersosialisasi dengan tulus dan tanpa pamrih. Dengan memperbaiki hubungan sosial Anda, dijamin Anda akan lebih berbahagia karena manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial. Survey telah membuktikan bahwa orang yang mempunyai banyak teman dan secara berkala memelihara hubungan pertemanannya mempunyai kualitas kesehatan lebih baik daripada orang yang tidak memiliki teman.

6.    Tertawalah
Percayakah anda jika tertawa bisa membuat awet muda? Selain mampu membakar kalori  tanpa disadari, tertawa juga menyehatkan jantung karena akan melatih otot diafragma.

7.    Minum banyak air putih
Pada dasarnya tubuh kita terdiri lebih dari 80 % cairan. Kekurangan cairan dapat menyebabkan munculnya dehidrasi yang berujung pada penyakit. Sebelum tubuh sakit, lebih baik penuhi cairan tubuh dengan memperbanyak konsumsi air putih.sebab,  air putih dapat meningkatkan imun tubuh terhadap serangan penyakit.
Baca juga :

8.    Kurangi minum bersoda
    Minuman berkarbonasi atau bersoda dapat menimbun gula dan dapat menyebabkan kegemukan.

9.    Biasakan berpikir positif
     Pikiran positif akan menghindarkan anda dari stres, meningkatkan rasa percaya diri serta menjaga kinerja organ tubuh lainnya tetap maksimal.

10.    Menjaga kebersihan
Bakteri dan virus penyebab penyakit banyak berkembang di tempat yang kotor. Membersihkan lingkungan tempat tinggal secara rutin bisa menjadi pola hidup sehat yang paling ampuh. Mulailah dengan menjaga kebersihan diri sendiri dulu. Misalnya mandi teratur minimal 2x sehari, sikat gigi setelah makan, membersihkan kamar tidur, dan sebagainya.

Bagaimana, tertarik mencoba cara hidup sehat diatas? Itulah sajian tips gaya hidup sehat Rasulullah yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya.






No comments :

Post a Comment