Friday, June 23, 2017

Waspadai adanya bercak hitam dikukumu, bisa jadi kamu mengidap penyakit yang serius..!!!

No comments :

Banyak orang-orang yang tidak bisa mengetahui kondisi tubuhnya. Salah satunya adalah munculnya bintik hitam pada kuku baik kaki maupun tangan. Sebenernya bisa saja gejala ini adalah sebab dari penyakit yang serius. Namun banyak orang yang mengabaikannya. Baiklah mari kita simak penjelasan berikut.
 Tanda garis hitam (dark stripes) pada kuku bisa diakibatkan karena beberapa faktor yaitu :

  1.      Melanonychia, normal terdapat pada orang kulit hitam , namun 10 % juga menyerang kaukasian dan asian.
  2.        Subungual Melanoma, kanker kulit yang ganas, biasa hanya menyerang satu kuku (jempol tangan lebih sering dari jempol kaki) dan diikuti perubahan warna hitam pada nailfold ( jaringan di sekitar kuku)
  3.        Trauma / cedera pada kuku
  4.        Infeksi Jamur.       Defisiensi nutrisi
baca juga artikel lain: Gunakan Obat Ini Untuk Jerawat Membandel. Jangan Sampai Salah Obat..!!! Sebelum Anda Menyesal..!!


Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda maka pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lain perlu dilakukan oleh dokter ahli kanker (onkologi), apalagi jika Anda memiliki riwayat kanker dari keluarga dan tinggal di tempat yang sering terkena sinar UV (matahari). Dengan pemeriksaan seperti tes darah, biopsi kuku dan jaringan sekitar kuku bisa ditentukan apakah garis hitam yang Anda keluhkan merupakan gangguan pada kuku yang normal atau gejala awal dari subungual melanoma. Penanganan akan disesuaikan dengan kondisi medis yang Anda alami berdasar dari hasil pemeriksaan diatas.   Melanonychia merupakan tanda garis hitam yang muncul pada kuku akibat produksi melanin berlebih dan tidak memiliki gejala berarti. Penyebab dari timbulnya melanonychia ini sangat beragam yaitu :

  1.     Biasa dimiliki oleh kulit hitam, namun pernah dilaporkan bahwa kaukasian dan asian juga memiliki garis hitam ini.
  2.        Trauma pada kuku
  3.        Penyakit sistemik seperti Addison, cushing , hipertiroid, Porfiria, AIDS.
  4.        Malnutrisi
  5.        Vitamin B 12 defisiensi
  6.        Penyakit kulit seperti psoriasis, SLE, Infeksi jamur,
  7.        Kemoterapi
  8.       Obat obatan


Sementara subungual melanoma merupakan melanoma yang timbul pada kuku dan menyerang kuku. Biasa hanya mengenai 1 jari (jempol tangan lebih sering). Garis kehitaman yang timbul biasanya melebar bersama dengan waktu dan disertai adanya kehitaman pada jaringan disekitar kuku (nailfold). Biasa timbul pada orang yang sering terpapar sinar matahari dan jika memiliki riwayat keturunan Kanker dalam keluarga harus lebih diperhatikan. Pemeriksaan hanya bisa dilakukan dengan melakukan biopsi kuku dan jaringan sekitar kuku yang berwarna kehitaman.

No comments :

Post a Comment