Sunday, April 2, 2017

Perawatan Wajah Menggunakan Mentimun

No comments :

Kali ini saya menulis artikel tentang manfaat mentimun untuk kecantikan kulit wajah. Timun sendiri termasuk jenis sayuran yang keluarga Cucurbitaceae. Seperti tanaman sejenisnya, timun mengandung banyak air yakni sekitar 95%. Kandungan air tersebut bermanfaat pula untuk mengurangi dehidrasi, bila kita mengkonsumsinya pada musim panas.
Menurut USDA National Database Gizi, 1 cangkir irisan mentimun dengan kulitnya (sekitar 119 gram) mengandung :
·       115 gram air
·       16 kalori
·       0,8 gram protein
·       0,2 gram lemak
·       2,9 gram karbohidrat (termasuk 0,9 gram serat dan 1,8 gram gula)
Di dalam secangkir ketimun ini, juga mencukupi kebutuhan harian zat seperti  11% dari vitamin K, 4% vitamin C, magnesium, kalium dan mangan dan 2% dari vitamin A, thiamin, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga.  
Manfaat timun untuk perawatan kulit wajah, antara lain:
·      Mengurangi lingkaran hitam pada mata.
Caranya sangat mudah, cukup kompres mata dengan potongan timun.
·      Mengurangi bintik hitam.
Paparan sinar matahari yang terlalu intens dapat menyebabkan timbulnya bintik-bintik hitam. Bintik-bintik hitam di wajah dapat berkurang bila menggunakan parutan timun yang dioleskan secara merata pada wajah.
·      Mengatasi bengkak pada mata.
Bila mengalami mata bengkak, anda tidak perlu khawatir lagi, karena ada kandungan asam askorbat pada timun yang dapat mengurangi retensi air, sehingga dapat mengatasi pembengkakan pada mata.
·      Meremajakan kulit.
Kulit akan terasa lebih segar dan tampak lebih muda jika anda sering menggunakan timun untuk perawatan wajah.
·      Mengencangkan kembali pori-pori yang terbuka. Pori-pori yang semakin besar dapat membuka kesempatan pada kotoran untuk masuk dan menyebabkan tumbuhnya jerawat. Timun dapat digunakan sebagai toner yang baik. Untuk hasil yang baik, anda dapat mencampur mentimun menggunakan bahan-bahan lain, seperti sari cuka apel, putih telur, sari lidah buaya, tomat, dan lemon.

Cara membuat Masker Mentimun
Cara membuat mentimun untuk dibuat sebagai masker dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah yaitu :
·     Siapkan mentimun yang telah dikupas lalu potong kecil-kecil dan blender hingga halus
·    Anda bisa menambahkan mint agar masker terasa lebih segar, caranya cukup mudah yaitu dengan menambahkan 4 sampai 5 lembar daun mint cara blender menjadi satu dengan mentimun yang telah halus sebelumya.
·    Ambil putih telur. Kosok secara terpisah dengan dengan masker mentimun. Setelahnya anda bisa mencampurkannya dengan mentimun serta mint yang sebelumnya telah diblender.
Cara menggunakan masker dari mentimun ini cukup digunakan secara merata pada seluruh bagian wajah. Gunakan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Tepuk-tepuk wajah hingga kering. Anda bisa menjalani perawatan menggunakan masker mentimun ini setelah selesai menjalani aktivitas anda agar terasa lebih rileks dan santai.
Demikian ulasan manfaat dari mentimun untuk perawatan kulit wajah. Semoga bermanfaat.





No comments :

Post a Comment