Sunday, April 9, 2017

Teh Basi

No comments :
Manfaat Teh Basi Untuk Kecantikan Wajah
Siapa yng sangat menyukai teh? Dijamin semua orang menyukai teh deh. Asal kalian tahu manfaat teh banyak sekali selai itu kita mengenal teh basi/bari itu jauh lebih banyak memiliki manfaatnya loh. Namun sebelum itu manfaat teh untuk kesehatan yaitu; sebagai anti septik, mencegah kanker, menstabilkan tekanan darah dan menjaga daya ingat. Tetapi kalau teh sudah basi, tentunya anda tak ingin meminumnya lagi bahkan ingin membuangnya. Akan tetapi mungkin Anda belum tahu bahwa teh yang basi ternyata mempunyai manfaat untuk kecantikan kulit termasuk juga kulit wajah. (baca juga : manfaat air teh untuk wajah)
Kandungan zat dalam teh basi
·         Polifenol – jenis senyawa flafanol dan katekin, yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas ini akibat pengaruh makanan yang kurang sehat dan lingkungan yang tercemar oleh polusi udara. Selain itu senyawa ini dapat mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.
·         Vitamin A – betakaroten.
·         Vitamin C – berfungsi dalam menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.
·         Vitamin E – berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan juga dapat membuat kulit menjadi halus. Vitamin E di dalam secangkir teh adalah 100-200 IU.
Teh memiliki berbagai macam jenis dan manfaatnya masing –masing. Seperti teh oolong, teh hijau, teh hitam, teh putih dan masih banyak lagi. Tetapi untuk kulit wajah jenis teh yang paling baik adalah teh hijau. Hal ini disebabkan karena berdasarkan penelitian di University of Texas, teh hijau memiliki kandungan yang lebih banyak untuk polifenol, vitamin C dan betakaroten.
Berikut manfaat teh basi untuk wajah dan cara pemakaiannya :
1. Untuk mencerahkan kulit wajah
Untuk mencerahkan kulit wajah dan mampu manjaga elastisitas kulit agar tidak cepat kendur.  Bahkan teh basi mengandung 508 kali lebih banyak vitamin C ketimbang jeruk lemon.
Caranya, gunakan ampas teh yang sudah didiamkan semalaman. Usapkan ampas teh seperti scrub atau sebagai masker di wajah. Lakukan hal ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
(baca juga : cara merawat kulit agar tidak kusam)
2. Untuk menghilangkan jerawat
Ampas air teh basi ini mempunyai sifat anti-inflamasi, anti bakteri dan anti septik yang berkhasiat untuk menghilangkan bakteri penyebab munculnya jerawat dan mencegah terjadinya peradangan akibat dari jerawat. Selain itu teh basi juga dapat mengurangi jumlah sebum yang mengganggu pori-pori sehingga mencegah munculnya jerawat.


Caranya ada 2 diantaranya:
·         Menggunakan kantung teh celup bekas –tempelkan kantung teh celup bekas yang telah direndam semalaman ke bagian kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit. Lalu bilas wajah dengan air hangat.
·         Menggunakan air teh basi –Oleskan atau basuh wajah Anda dengan air teh basi ini saat pagi hari. Lakukan cara ini tiga kali seminggu agar mendapatkan hasil yang optimal dan wajah bebas jerawat.
3. Untuk menghilangkan mata panda
Penyebab mata panda adalah akibat kurang tidur, kelelahan, terlalu lama menangis, alergi, dehidrasi, dan masih banyak lagi. Menggunakan teh basi bisa menjadi salah satu cara yang patut dicoba.
Caranya bisa dengan 2 cara :
·         Menggunakan air teh basi – letakan air teh basi yang telah diendapkan semalaman ke dalam wadah baskom. Lalu celupkan wajah Anda ke dalam baskom berisi air teh basi tersebut dengan mata melek atau mata terbuka. Diamkan sebentar lalu setelah beberapa lama mata panda akan hilang dan mata pun akan dapat melihat lebih jelas.
·         Menggunakan kantung teh celup bekas – Masukkan dua buah kantung teh bekas ke dalam lemari es semalam atau direndam di air es. Lalu gunakan kantung the tesebut sebagai alat kompres dengan letakan di atas mata. Apabila ingin sensasi yang lebih dingin, bisa dengan memasukkan kantung teh basi dan potongan es batu ke dalam kain tipis. kemudian di kompres ke mata. Rasa dingin dari es batu dan zat yang terkandung dalam teh ini akan mengatasi mata panda.
4. Sebagai penyejuk kulit wajah
Kandungan anti-inflamasi dalam teh inilah yang berfungsi untuk menyejukkan wajah. Caranya lumayan mudah yaitu gunakan air manfaat teh basi untuk wajah dengan cara mengompresnya. Gunakan kain atau kapas dan celupkan pada air teh basi yang telah diendapkan semalaman. Lalu oleskan pada wajah sebagai penyejuk kulit wajah. (baca juga : manfaat memakai masker bengkoang setiap hari)
5. Sebagai pembersih wajah
Sifat anti bakteri yang terkandung di dalam teh basi dapat dimanfaatkan untuk pembersih wajah. Sehingga teh basi dipakai untuk mengusir bakteri yang terdapat di kulit wajah Anda. Gunakan air teh basi untuk mencuci muka setiap hari saat pagi hari atau menjelang tidur malam. Apabila dilakukan rutin wajah Anda akan terlihat bersih selalu. (baca juga : manfaat lidah buaya untuk kecantikan)
6. Sebagai tabir surya

Untuk menghindari dari paparan sinar ultraviolet dan matahari langsung. Caranya hanya dengan mencuci air teh basi ke kulit wajah Anda sebelum beraktivitas ke luar. 


7. Untuk menghilangkan komedo.
Komedo merupakan bintik-bintik hitam yang biasanya terdapat di area sekitar hidung. Caranya, gunakan ampas teh basi lalu gososkan pada area sekitar hidung yang terdapat komedonya. Lakukan hal ini rutin hingga komedo hilang. Tetapi jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah setelah beraktivitas agar komedo tidak muncul lagi di wajah. 
8. Untuk menghilangkan kemerahan pada kulit wajah.
Caranya cukup mudah, yaitu dengan masukan kain atau kapas ke dalam air teh basi lalu oleskan perlahan kebagian kulit wajah yang kemerahan. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal hingga kulit kembali mulus. 
(baca juga manfaat teh lainnya : manfaat teh untuk rambut)


No comments :

Post a Comment