Sunday, April 2, 2017

DIBALIK NIKMATNYA BUAH JAGUNG, INI DIA MANFAATNYA UNTUK KESEHATAN!

No comments :

Manfaat Jagung Bagi Kesehatan


DIBALIK NIKMATNYA BUAH JAGUNG, INI DIA MANFAATNYA UNTUK KESEHATAN!

Jagung merupakan buah yang mengandung karbohidrat tinggi. Nilai karbohidrat ini hampir sama dengan pada/beras. Banyak masyarakat yang mengkonsumsi jagung sebagai pengganti nasi. Dibakar dan direbus merupakan dua cara menikmati lezatnya buah jagung. Tanaman ini pertama kali ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan dengan nama latin Zea Mays L. Berikut adalah kandungan yang terdapat pada buah jagung selain mengandung karbohidrat, jagung memiliki kandungan protein, vitamin A, Vitamin E, Magesium, dan masih banyak lainya

Tanaman jagung banyak dijumpai di beberapa daerah di Indonesia, khususnya di dataran tinggi. meskipun dikenal sejumlah ras jagung yang mampu beradaptasi dengan suhu rendah dan kawasan tinggi, jagung merupakan tanaman dataran rendah dengan suhu hangat dan penyuka cahaya matahari penuh. perkecambahan jagung terhenti pada suhu 10 derajat celcius. Sekilas pengetahuan mengenai pertumbuhan jagung, yuk kita intip dibalik kenikmatan jagung, terdpat beberapa manfaat jagung untuk kesehatan manusia.

Inilah Manfaat Buah Jagung Yang Wajib Kalian Ketahui

1. Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan
    Buah jagung mengandung serat yang banyak, dimana serat tersebut sangat baik bagi kesehatan     organ pencernaan. ada beberapa masalah yang sering ditemui melalui organ pencernaan, yaitu sembelit dan resiko kanker usus besar. untuk mencegah munculnya penyakit tersebut, maka konsumsilah jagung secara rutin. Agar saluran pencernaan kita senantiasa terjaga.

2. Menyehatkan Mata 
    Mata merupakan salah satu alat vital manusia. Selain itu merupakan salah satu panca indra manusia yang sangat penting bagi kehidupan manusia yang harus dijaga kesehatanya.  nah... bagaimana cara menjaga kesehatan mata kita? salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi buah jagung. Mengapa harus buah jagung? hal ini dikarenakan buah jagung memiliki kandungan zeaxanthin, asam folat, dan beta karoten yang dapat mencegah beberapa penyakit mata.

3. Melawan Kanker
    Manfaat buah jagung bagi kesehatan selanjutnya yaitu dapat melawan penyakit kanker. Kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan bagi manusia. kandungan dlam buah jagung sangat membantu para penyandang kanker untuk dapat pulih, karena kandungan karbohidrat yang mampu melawan jenis kanker didalam tubuh, misalnya yaitu kanker hati.

4. Sebagai Sumber Mineral
    Jagung kaya akan mineral seperti magnesium, tembaga, zat besi, fosfor yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan tulang. Maka demikian, jagung merupakan salah satu makanan yang banyak manfaatnya untuk memenuhi asupan mineral dalam tubuh yang sangat handal.

5. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi
    Nah ini dia, bagi para ibu hamil tidak usah cemas mengenai kesehatan tubuh nya dan janin yang ada didalamnya. Karena manfaat buah jagung selanjutnya yaitu menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi, karena jagung memiliki kandungan asam folat yang berperan untuk mempengaruhi berat badan bayi, oleh karena itu, banyak yang merekomendasikan kepada ibi hamil untuk mengkonsumsi buah jagung secara rutin.

6. Pencegah Diabetes Yang Cukup Efektif
   Kandungan fitokimia yang terkandung dalam biji jagung akan mengatur penyerapan dan pelepasan hormon insulin didalam tubuh kalian. Dengan inilah jagung dinobatkan sebagai salah satu makanan yang bernilai gizi tinggi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh semua orang.

7. Menangkal Gejala  Kurang Darah atau Anemia.
    Kepala pusing merupakan salah satu penanda bahwa seseorang tengah terkena anemia. dlam kandungan jagung, terdapat vitamin B serta asam folat yang berperan mencegah anemia yang sangat efektif.

 Banyak sekali manfaatnya yang mungkin belum banyak kita ketahui. Kita sebagai warga Indonesia beruntung karena tanaman jagung terdapat dimana mana. oleh karena itu, mari optimalkan kesehatan kita dengan mengkonsumsi buah jagung ya guyss....
    

No comments :

Post a Comment