Sunday, April 2, 2017

DAMPAK OLAHRAGA SAAT MALAM HARI ?

No comments :

Saat kita membicarakan waktu untuk olahraga yang paling ideal, tentu saja kita akan mendengar banyak pendapat yang umumnya yaitu waktu pagi hari atau  sore hari dimana sinar matahari masih  hangat akan mendampingi aktifitas olahraga padai waktu yang paling tepat. Kandungan dari vitamin D dari cahaya matahari pagi juga merupakan alasan mengapa melakukan olahraga di pagi hari sangat bagus untuk tubuh. Tapi, seiring dengan kehidupan modern saat ini dimana waktu  pagi dan sore hari telahh di gunakan dan dihabiskan untuk bekerja  atau melakukan perjalanan ke suatu tempat  untuk beraktifitas, oleh sebab itu banyak orang yang mengalihkan waktunya  berolahraga saat malam hari. Yang menjadi pertanyaan apakah olahraga saat malam hari memiliki dampak yang baik atau bagus bagi kesehatan tubuh kita ?
Saat ini pada malam hari, tempat ke
bugaran atau tempat persewaan lapangan futsal  dan lainya sudah dipenuhi oleh begitu  banyak orang, bahkan sampai waktu tengah malam. ahli kesehatan beranggapan bahwa berolahraga di malam hari ternyara masih memiliki dampak baik bagi tubuh, meskipun memang tidaklah  memberian kebaikan sepert saat kita berolahraga di waktu pagi hari yang memilikibanyak pancaran sinar matahari dan udara yang pastinya masih segar. Hanya tubuh akan dapat banyak bergerak dan terlatih sehingga tetap terjaga kesehatannya.
Ahli kesehatan juga mengingatkan kita bahwa olahraga di malam hari sebaiknya tak dilakukan pada waktu yang sangat larut. Meskipun ini dapat membuat tubuh banyak bergerak, olahraga pada waktu yang sangat larut tentu saja akan mengganggu waktu tidur dan istiraahat yang di butuhkan sehingga justru berdampak bagus bagi kesehatan tubuh kita. Waktu olahraga yang dilakukan setelah tenggelamnya matahari sampai jam 9 malam dirasakan akan paling ideal. sebab| akan memberikan kita kesempatan untuk tidur dan istirahat untuk tubuhkita dengan durasi yang cukup normal. Olahraga malam juga wajib dimulai dengan adanya pemanasan yang cukup dan juga harus diakhiri dengan peregangan serta pendinginan supaya tubuh tidak mudah mengalami cedera. Berikan pula jeda palingt idak satu jam bagi tubuh diantara waktu berolahraga dan juga waktu akan tidur. mengeringkan keringat dengan mandi untuk membersikan kotoran juga sangat dianjurkan sebelum kita akan beranjak tidur.
Tak perlu harus melakukan olahraga berat tiap malam dengan durasi waktu yang lama. Ahli kesehatan  menyebutkan kalau ideal untuk berolahraga setiap hari yaitu  30 menit untuk tiap hari. hanay, pastikan kita juga tidak memaksakan diri untuk melakukan aktifitas berolahraga kalau keadaan tubuh saat ini tidak memungkinkan karena sangat lelah karena banyaknya pekerjaanyang dilakukan atau saat tubuh sedang merasa sakit. Beri  waktu tubuh untuk memperbaiki dan mengistirahatkan kondisi| tubuh dahulu sehingga kesehatan tubuh  akan  terjaga.


No comments :

Post a Comment