Saturday, April 1, 2017

WAJAH CANTIK DAN BERCAHAYA HANYA DENGAN AIR WUDHU

No comments :

Berwudhu merupakan salah satu aktivitas wajib yang dilakukan oleh seorang muslim sebelum menjalankan ibadah sholat, baik sholat wajib maupun sholat sunnah. Siapa disangka, ternyata air wudhu yang kita gunakan untuk membasuh sebagian tubuh kita memiliki banyak keistimewaan dan manfaat bagi kecantikan dan juga kesehatan kulit terutama kulit wajah. Dengan air wudhu, wajah akan terlihat cantik alami, bersih, dan kulit tampak bercahaya.

Tampil cantik dan mempesona merupakan dambaan setiap wanita. Telah terbukti 9 dari 10 diantara mereka melalukan berbagai cara hanya untuk memperoleh predikat cantik secara fisik, mulai dari menggunakan pembersih wajah (facial foam), masker, obat-obatan mapun ramuan, hingga pada tingkat teratas yaitu operasi plastik wajah yang pada akhirnya mereka tidak perduli semahal apapun biaya yang mereka keluarkan demi memperoleh wajah cantik seperti yang didambakannya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan semua itu memiliki efek samping bagi kesehatan kulit wajah.

Tahukah kalian, bahwa wajah cantik berseri, dan sehat dapat diperoleh hanya dengan menggunakan air wudhu. Berikut ini beberapa manfaat air wudhu bagi kecantikan dan kesehatan kulit wajah, diantarannya :
·       Mencerahkan wajah, setelah melakukan wudhu, maka kondisi wajah akan menjadi bersih cerah alami, karena air wudhu dapat menghilangkan kotoran-kotoran dan debu yang menempel pada wajah.
·      Menjaga kesehatan wajah, beberapa dokter kecantikan juga menyarankan untuk menggunakan air wudhu sebagai salah satu media yang dapat meningkatkan kesehatan pada wajah. Berwudhu sebelum tidur dapat menjaga kesehatan wajah, seperti : membersihkan wajah, mencegah penumpukan balteri pada wajah, dan meremajakan kulit wajah.

Selain bermanfaat, air wudhu juga memiliki beberapa keistimewaan, diantaranya :
·       Bercahaya dihari kiamat, seperti yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhori & Muslim dari Abu Hurairoh R.A dalam hadistnya yang artinya “Sesungguhnya umatku pada hari kiamat kelak akan diseru dalam keadaan terdapat tanda putih (pada dahi-dahi, kedua lengan dan kaki mereka) dari bekas wudhu. Barang siapa di antara kalian mampu melebarkan tanda putih tersebut, hendaklah ia melakukannya.”
·     Perhiasan orang mukmin di Surga, sebagaimana dikutip oleh Imam Ibnu Katsir dalam Tafsirnya dari Abu Huairah, Rosulullah SAW bersabda : “Perhiasan orang mukmin (di Surga kelak) akan mencapai bagian yang terkena air wudhunya.”
·      Diampuni dosa masa lalunya, “Barang siapa yang berwudhu seperti wudhuku ini, lalu mengerjakan shalat dua rakaat dan tidak memikirkan hal lalin (khusyu’)pada kedua rakaat tersebut, maka akan diberikan ampunan baginya atas dosa-dosa diatas dosa-dosa masa lalunya.” Hadist ini diriwayatkan dari ‘Ustman bin ‘Affan oleh Imam al-Bukhori & Muslim dalma kitab Shahihnya masing-masing.”
·        Dipersilakan masuk Surga dari delapan pintu, diriwayatkan oleh Imam Muslim & Ahmad bin Hanbal, Nabi Muhammad SAW besabda : “Tiada seorang pun di antara kalian yang berwudhu, dan ia melakukannya dengan baik lalu berdo’a, ‘Asyhadu an-la ilaha illallahu wa anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu’, melainkan dibukakan baginya delapan pintu surga, dan ia boleh masuk dari pintu mana saja yang disukainya.”

·       Keluarnya dosa bersama tetesan air, Imam Malik meriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda : “Jika seorang hamba berwudhu, lalu ia membasuh wajahnya, akan keluar setiap kesalahan dari wajahnya yang dia lihat dari kedua matanya bersamaan dengan air atau tetesan ait terakhir. Apabila ia membasuh kedua tangannya, akan keluar dari kedua tangannya setiap kesalahan yang dilakukan oleh keduanya bersamaan dengan air atau tetesan air yang terakhir. Jika ia membasuh kedua kakinya, akan keluar dari keduanya setiap kesalahan yang dijalani oleh kedua kakinya bersamaan dengan air atau tetesan air hingga ia akan keluar dalam keadaan benear-benar bersih dari dosa.”

No comments :

Post a Comment