Sunday, April 23, 2017

Sejuta Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

No comments :
Sejuta Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kersen


Tahukah anda jika Buah Kersen yang dikenal dengan sebutan Ceri Jawa ini memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan kita? Siapa sangka buah kecil, imut nan mungil yang kerap dipandang sebelah mata ini ternyata mampu memberikan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita lhoo. Buah yang mempunyai nama latin Muntingiacalabura ini dapat dengan mudah kita jumpai dipinggiran jalan atau sekitar pekarangan rumah.

Uniknya buah ini juga dikenal memiliki beragam nama di setiap wilayah di Indonesia seperti talok, seri, ceri, dan kersen. Buahnya berukuran kecil dengan tekstur dalamnya berbutir-butir hampir menyerupai pasir. Kersen yang telah masak ditandai dengan perubahan warna dari hijau ke kekuningan lalu merah, rasanya yang manis serta apabila buahnya ditekan akan terasa lunak.

Para peneliti salah satunya Julia F. Morton dalam bukunya "Fruits of Warm Climates" di tahun 1987, menyatakan bahwa buah Kersen memiliki kandungan senyawa penting dan baik untuk kesehatan. Adapun kandungan  kimia dalam buah kersen antara lain vitamin, mineral, serat, karbohidrat, lemak, beta-karoten, fosfor, protein, kalsium, zat besi, niacin, riboflavin, thianin, dan banyak lagi kandungan lain yang berguna bagi kesehatan. Ternyata tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat bagi kesehatan, akan tetapi daun dan bunganya juga dipercaya sebagai obat alami kesehatan. Berikut adalah sejuta manfaat buah kersen untuk kesehatan yang wajib anda ketahui:


Manfaat Buah Kersen


1.        Antibiotik alami
Salah satu problem besar saat ini adalah banyak jenis bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik karena penggunaan yang terlalu sering. Akibatnya beberapa bakteri bertambah kuat dan susah untuk dibasmi. Nah, buah kersen ini dapat dimakan secara langsung dan daunnya dapat direbus untuk diminum sebagai antibiotik alami.

2.        Kandungan vitamin C yang cukup
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, seratus gram buah kersen setara dengan 150 mg vitamin C. Dengan demikian dapat sebagai penangkal penyakit flu atau pilek. Kandungan antioksidan yang tinggi juga dipercaya mampu menjadi solusi beberapa gangguan kesehatan.

3.        Pereda asam urat
Kebanyakan penderita asam urat sering merasa nyeri di beberapa bagian tubuh. Buah kersen mengandung kadar purin rendah dan memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat melarutkan purin yang mengendap di persendian atau ginjal. Kandungan itulah yang kemudian mampu mengatasi penyakit asam urat dan nyeri.

4.        Sakit kepala
Kandungan alami dari buah kersen dipercaya oleh mereka yang menderita sakit kepala berkhasiat melancarkan aliran pembuluh darah dan meredakan sakit kepala.

5.      Penolong untuk penderita diabetes
Selain sebagai pencegah penyakit diabetes, buah kersen juga dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah. Dengan mengkonsumsi secara teratur niscaya dapat mengurangi obat-obatan yang dikonsumsi.

6.        Masalah perut
Selain buah kersen, bunga kersen juga tak kalah bermanfaat, karena dipercaya dapat menghilangkan kejang di saluran pencernaan akibat diare dan kembung di perut dengan cara merebus dan meminum airnya. Buah kersen memilki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat mengatasi sembelit.

7.        Antiseptik
Tidak kalah dengan buah dan bunganya, daun kersen apabila dikeringkan dapat dikonsumsi sebagai minuman teh sehat alami. Dipercaya bermanfaat untuk membunuh bakteri seperti: Diptheriae, S. Aureus, P. Vulgaris, dan beberapa jenis bakteri lainnya. Hal ini dimungkinkan karena adanya kandungan senyawa seperti Tanin, Flovanoids dan Saponin yang terdapat pada daun kersen.

8.        Penyakit darah tinggi dan gangguan jantung
Penyakit darah tinggi sekarang mulai menyerang banyak kawula muda dan tidak lagi terbatas pada orang lanjut usia saja. Ini semua akibat gaya hidup dan pola makan yang kurang sehat, kebanyakan mengkonsumsi garam adalah salah satu faktornya. Dengan demikian fatal akibatnya apabila mengalami penyempitan pembuluh darah karena peredaran ke seluruh tubuh mengalami gangguan seperti stroke dan serangan jantung. Para peneliti mengungkapkan teh kersen mengandung nitric oxide, bahan alami kimia yang mampu meningkatkan oksigen dan aliran dalam pembuluh darah mengalir lancar.

9.        Mencegah perkembangan kanker
Tumbuhan ini juga mengandung senyawa tanin, flavonoids dan saponin. Rebusan daunnya dipercaya dapat menjadi anti inflamasi dan anti tumor. Ekstrak daun kersen diteliti dapat melindungi terhadap gastric ulcher seperti yang ditulis oleh Medical Research Center, Jazon University, Saudi Arabia. Banyak orang percaya daun kersen dapat mengurangi dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Para peneliti berusaha mengembangkan pengobatan alami ini untuk mengurangi kematian akibat penyakit kanker tersebut.

Kersen merupakan tanaman tropis, mudah tumbuh di mana saja, dan tergolong tanaman liar karena tidak memerlukan perawatan khusus. Nah setelah anda mengetahui manfaat buat kersen bagi kesehatan, sekarang saatnya anda menanam sendiri dan menikmati khasiatnya yang luar biasa.


No comments :

Post a Comment