Sunday, April 2, 2017

TIPS MENJAGA KESEHATAN MATA DARI KETAJAMAN LAYAR GADGET

No comments :



Tidak dapat dielakkan lagi, bahwa semakin modern perkembangan jaman akan semakin canggih media komunikasi yang dikembangkan oleh para penemu maupun peneliti. Seperti yang dirasakan saat ini, media elektronik seperti gadget atau handphone berkembang sangat pesat dalam lingkungan masyarakat, hampir setiap orang memiliki barang tersebut. Target pasar dari produk yang satu ini adalah menyeluruh, bahkan dari mulai anak-anak hingga pada mereka yang berusia lanjut.

Tanpa disadari, terkadang kita lebih banyak menghabiskan waktu kita untuk menatap layar gadget. Pernahkan kita menghitung, seberapa lama kita menggunakan gadget dalam satu hari? Bahkan dalam aktivitas sehari-hari, seolah kita sangat bergantung pada barang yang satu ini, dan sulit bagi kita untuk terlepas darinya. Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melindungi dan menjaga kesehatan mata kitadari bahaya yang ditimbulkan akibat layar gadget, antara lain :

a.    Berkedip dan ubah posisi jarak pandang, ketika Anda sudah terfokus pada layar gadget Anda, biasakalah untuk sering-sering mengedipkan mata. Karena, disaat kita sudah mulai terfokus dengan aktivitas pada gadget, kita sering lupa untuk mengedipkan mata. Padahal, satu hal yang perlu diketahui, bahwa berkedip merupakan salah satu hal yang penting yang harus diperhatikan ketika menggunakan gadget. Karena, otot-otot dan saraf mata kita akan terasa tegang dan lelah jika terus dipaksakan untuk menatap laya gadget dalam kurung waktu yang cukup lama.
b.    Atur jarak mata dengan gadget, ketika Anda tengah sibuk dengan aktivitas Anda pada gadget, Anda harus tetap memperhatikan jarak pandang atau jarak antara mata dengan gadget.
c.  Mengatur pencahayaan layar gadget, ketika Anda menggunakan gadget baik didalam ruangan maupun diluar ruangan. Pastikan Anda telah mengatur pencahayaan layar gadget sesuai dengan tingkat normal pencahayaan bagi mata Anda. Agar pencahayaan layar tersebut tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup ketika mata Anda menatapnya.
d.   Kurangi penggunaan gadget sesaat sebelum tidur, sangat dianjurkan bagi Anda untuk membatasi diri atau mungkin mengurangi penggunaan gadget sebelum tidur.
e.     Imbangi dengan pola makan yang sehat, selain cara-cara yang telah disampaikan diatas. Dalam upaya menjaga kesehatan mata pun perlu diimbangi dengan makanan-makanan yang bergizi terutama bagi kesehatan mata, untuk menunjang kesehatan mata dari dalam tubuh. Sehingga kita menjaga mata kita tidak hanya dari luar melainkan juga dari dalam.


Demikian, tips-tips yang mungkin bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Agar mata tetap sehat dan tidak mengalami penurunan fungsi pada mata.

No comments :

Post a Comment