Sunday, April 9, 2017

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah

No comments :


Jeruk nipis adalah buah yang  memiliki segudang vitamin dan nutrisi. Manfaat jeruk nipis juga tidak terbatas untuk penyedap makanan saja. Kandungan nutrisi jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan dalam tubuh serta kesehatan kulit terutama kulit wajah.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah

1.      Mengurangi Bakteri

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang pertama adalah kemampuannya dalam membunuh bakteri yang ada dalam wajah. Noda wajah akibat jerawat terjadi ketika kotoran, minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori. Bakteri terperangkap dalam pori-pori wajah dan menyebabkan peradangan pada wajah dan juga membuat wajah menjadi kemerahan yang terkadang diikuti dengan rasa nyeri. Membersihkan wajah dengan jeruk nipis ini dapat membantu menjaga pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Jeruk nipis memiliki sifat antibiotik alami, seperti yang diterbitkan dalam jurnal “BMC Complementary and Alternative Medicine” pada bulan November 2006. Disebutkan dalam jurnal tersebut, bahwa berbagai bakteri, termasuk E. Coli dan Staphylococcus aureus. Bakteri tersebut akan terhambat pertumbuhannya ketika bakteri tersebut terkena cairan dari jeruk nipis ini.

2.      Mengencangkan Pori-pori

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang kedua adalah kandungan yang bernama astringent yang terdapat dalam jeruk nipis ini dapat membantu mengencangkan pori-pori. Astringent dapat mengencangkan otot untuk sementara. Pada pembahasan ini, astringents digunakan untuk meningkatkan penampilan kulit wajah dan ditemukan dalam sejumlah produk kecantikan. Mereka digunakan untuk mengencangkan pori-pori dan mengurangi sementara jumlah produksi minyak wajah untuk mendapatkan kulit yang cerah.

3.      Mengangkat Kulit Mati

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang tak kalah pentingnya adalah kemampuannya dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Kulit asam pada jeruk nipis akan membantu proses pengelupasan sel kulit mati. Perawatan kecantikan menggunakan jeruk nipis ini telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat rumahan untuk meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit wajah. Jeruk nipis termasuk kedalam golongan buah jeruk, oleh karenanya ia mengandung asam sitrat. Selain menambah rasa dan aroma, asam sitrat yang ditemukan dalam jeruk nipis membantu menghapus kulit mati dari wajah anda. Kulit mati akan menyembunyikan sel-sel kulit yang sehat di bawahnya, sehingga hilangnya kulit mati akan membuat wajah anda terlihat lebih segar dan cerah dari sebelumnya.

4.      Menyehatkan Kulit dari Dalam


Manfat jeruk nipis untuk wajah yang terakhir adalah jeruk nipis ketika dikonsumsi dapat menyehatkan kulit dari dalam tubuh. Bagaimana proses ini bekerja? Ketika tubuh anda memproses nutrisi, maka nutrisi tersebut akan teroksidasi. Hasil dari proses ini menghasilkan suatu molekul yang memiliki jumlah elektron yang tidak merata, yang disebut radikal bebas. Radikal bebas bereaksi dalam tubuh anda, dan menyebabkan molekul lain teroksidasi. Seluruh proses ini menyebabkan degradasi sel, yang memberikan kontribusi terhadap penuaan dan jaringan yang rusak. Vitamin tertentu, termasuk vitamin A dan C, bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan menyerap beban dari reaksi berantai radikal bebas ini dan memungkinkan mereka untuk keluar tanpa bahaya dari tubuh melalui urin. Menurut USDA Nutrient Nasional database, 100 gram jeruk nipis segar mengandung 29.1 mg vitamin C dan 50 IU vitamin A. Selain itu juga jeruk nipis bermanfaat untuk membantu diet anda serta dapat mengurangi sirkulasi radikal bebas dalam tubuh, sehingga mengurangi kerusakan jaringan dan tanda-tanda penuaan, yang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih muda dan cerah.

No comments :

Post a Comment