Sunday, April 2, 2017

Penting! Hindari Makanan ini Agar Tak Nyeri Saat Haid

No comments :

Rasa nyeri saat kedatangan tamu bulanan

Pre Menstruasi Syndrom (PMS) atau istilah haid selalu dialami oleh kaum perempuan, haid terjadi ketika pubertas hingga ke usia menuju monopouse, rasa nyeri saat datang tamu bulanan sering menyertai sehingga membuat aktivitas perempuan jadi melambat. Rasa nyeri pada haid sangat normal, kontraksi nyeri berasal dari luluhnya diding rahim yang tidak dibuahi.
Akan tetapi kemampuan seseorang mengatasi rasa nyeri berbeda-beda, rasa kram dan nyeri tidak menentu hari tidak menentu waktunya. Ada yang merasakan dihari pertama haid, kedua, ketiga dan sewaktu-waktu bisa muncul. Maka untuk mengurangi rasa sakit ini ada baiknya mengikuti saran-saran dibawah ini :


  • Yang pertama hindari minuman dan makanan yang mengandung kafein. Kandungan kafein dalam kopi, teh atau minuman ringan ternyata bisa memperburuk kram saat menstruasi. kafein dapat menyempitkan pembuluh darah dan menaikan tekanan darah. Untuk itu hindari kafein sementara selama masa haid. Tidak jauh beda dengan kopi dan teh, ternyata coklat mengandung kafein yang bisa memperparah nyeri saat haid. Coklat adalah makanan manis  yang dianggap baik untuk mengatasi mood swing, tetapi saat fase haid tidak disarankan makan maupun minum sesuatu yang komposisinya adalah coklat.
  • Jauhi makanan – makanan yang tinggi garam, termasuk chiki-chikian, keripik, dan makanan olahan. Makanan yang punya kadar tinggi garam dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh dan nyeri haidnya tidak kunjung mereda.  Retensi air adalah menahan cairan tubuh yang seharusnya dikeluarkan.

  • Daging merah tidak baik dikonsumsi bagi perempuan yang sedang haid. Beberapa studi yang meneliti menunjukkan bahwa daging merah berpotensi menyebabkan kram saat haid. Asam arakidonat yang terkandung di dalamnya akan merangsang prostaglandin, prostagladin yaitu salah satu zat utama yang menyebabkan nyeri.
  • Banyak natrium juga berpotensi memperparah kram saat haid, natrium dapat berasal dari makanan kalengan. Untuk perempuan disarankan memakan makanan berkarbohidrat, menambah vitamin dari buah, dan sayuran.
  • Zat penyebab nyeri haid lainnya bisa berasal dari produk olahan susu seperti susu, yogurt, keju, dan mentega yang kaya akan asam arakidonat.
  • Banyak natrium juga berpotensi memperparah kram saat haid, natrium dapat berasal dari makanan kalengan. Untuk perempuan disarankan memakan makanan berkarbohidrat, menambah vitamin dari buah, dan sayuran.
  • Berhati-hatilah para perempuan yang doyan banget makan gorengan. Gorengan akan meningkatkan tingkat estrogen dalam tubuh. Estrogen adalah sebutan untuk kelompok hormon yang berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan karakteristik seksual wanita serta proses reproduksi. Ketika tingkat estrogen meningkat Rahim jadi tidak seimbang. Gorengan tidak mengatasi atau meredakan rasa nyeri haid.  
  • Kedatangan tamu bulanan selalu menimbulkan gejala-gejala yang meresahkan. Perempuan cenderung mudah marah, sensitive, uring-uringan, dan bawel. Gerakan tubuh wanita menjadi sedikit melambat juga dibatasi ketika rasa nyeri menyertai. Para wanita dianjurkan mengikuti saran untuk memperbanyak minum banyak air putih untuk antisipasi banyaknya darah yang keluar, memakan sayuran, serta buah sehat agar menjaga kesehatan tubuh dan tetap fresh menjalani aktivitas.




No comments :

Post a Comment