Monday, April 24, 2017

Bahayakah Minun Disela Makan?

No comments :


Bahayakah Minum Disela Makan? 

Minum disela-sela makan mungkin merupakan kebiasaan bagi sebagian orang. Minum disela makan mungkin melancarkan proses pencernaan. Akan tetap ada aturn tersendiri untuk kebiasaan ini. Karena jika dilakukan sembarangan makan minum tersebut justru dapat mengganggu pencernaan, karena cairan yang terlalu banyak diperut apat memperlambat pencernaan.
 
Apabila minum terlalu banyak saat makan, makan cairan yang berlebih itu akan menghilangkan asam lambung yang diprosuksi di perut. Dengan jumlah asam lambung yang sedikit, maka pencernakan menjadi tidak sempurna. Pada akhirnya efek yang dirasakan adalah perut menjadi kembung.

Selain itu cairan yang terlalu banyak juga akan menyebabkan minyak-minyak dalam makanan akan saling lengket dan sulit dicerna. Kemudian akan menjadi gumpalan-gumpalan yang akan mengganggu proses pencernaan makanan lainnya. Akibatnya, semua zat gizi yang terdapat dalam makanan pun tidak mungkin diserap tubuh. Tubuh menjadi tidak sehat, kurang gizi namun gemuk karena lemak. Hal ini juga berpengaruh pada kondisi kulit, kosentrasi, stamina dan sebagainya.

Maka dari itu disarankan untuk tidak minum disela makan. Namun, jika terpaksa harus minum disela makan maka diperbolehkan. Akan tetapi konsumsi minum tidak boleh lebih dari 240 ml (satu gelas ukuran sedang).

Untuk minuman yang paling baik dan aman untuk dikonsumsi disela makan adalah air putih. Hal ini karena air putih bersifat netral, sehingga cocok untuk dimimun saat kondisi apapun termasuk saat makan. Pilihlah air yang tidak terlalu dingin atu cenderung hangat. Karena air hangat tidak menyebabkan rasa haus yang berlebih sehingga tidak menimbulkan hasrat untuk minum terus-menerus. 

Selain air putih, air jeruk juga baik untuk dikonsumsi saat makan, karena sifatnya yang netral. Air jeruk yang diminum juga lebih baik pilih yang hangat. Untuk pemanisnya lebih baik menggunakan madu daripada gula. 

Sementara minuman yang harus dihindari saat makan yaitu minuman seperti susu, soda, teh atau jus. Minuman-minuman tersebut dapat mengganggu pencernaan apabila dikonsumsi disela makan. Maka lebih baik menggantinya dengan air putih atau air jeruk.



*semoga bermanfaat

No comments :

Post a Comment