Sunday, April 2, 2017

Perlu Wanita Ketahui, 10 Manfaat Buah Naga bagi Ibu Hamil

No comments :
manfaat buah naga bagi ibu hamil
manfaat-buah-naga-bagi-ibu-hamil
Kesehatan ibu dan janin pada masa kehamilan bagi seorang ibu maupun calon ibu pasti sangatlah penting. Seorang ibu hamil sangatlah memerlukan banyak nutrisi untuk menjaga kesehatan kandungan serta kondisi tubuh saat sedang hamil. Seringkali para ibu hamil memilah makanan yang akan mereka konsumsi, karena hal tersebut dapat berpengaruh terhadap perkembangan sang buah hati selama masa kehamilan. Itulah sebabnya mengapa ibu hamil harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi agar dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil yaitu dengan cara mengonsumsi buah-buahan. Buah-buahan yang mempunyai manfaat bagi kesehatan ibu hamil salah satunya yaitu buah naga. Buah naga merupakan buah kaktus dari marga Hyloreceus dan Selenicereus. Dibalik bentuk buahnya yang sangat unik ternyata buah naga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan khususnya untuk wanita yang sedang mengandung, buah naga memiliki kandungan seperti asam folat, karoten, serat, vitamin dan lain-lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses perkembangan janin. Manfaat apa saja sih yang terkandung dalam buah naga untuk kesehatan ibu hamil? berikut ini beberapa manfaat yang didapat ibu hamil ketika mengonsumsi buah naga saat masa kehamilan.
1.      Mengatasi masalah anemia
Wanita yang sedang mengandung rentan terhadap anemia, hal ini dikarenakan sel darah akan dibagi menjadi dua yaitu untuk ibu dan janin. Kandungan zat besi yang terdapat di dalam buah naga memiliki fungsi untuk membentuk sel darah merah sehingga dapat mengatasi masalah anemia pada ibu hamil.
2.      Mencegah terjadinya sembelit/sulit BAB
Di dalam buah naga terkandung banyak serat yang sangat baik bagi sistem pencernaan, sehingga ibu hamil yang mengonsumsi buah naga secara teratur sangat bermanfaat untuk melancarkan buang air besar atau mencegah terjadinya sembelit.
3.      Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan vitamin C yang tinggi pada buah naga sangat membantu meningkatkan sistem imun pada tubuh sehingga dapat mencegah risiko terkena penyakit.
4.      Mencegah osteoporosis dan membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin

Ibu hamil cenderung mengalami pengikisan tulang karena menanggung beban atau berat badan yang cukup besar. Kandungan kalsium dan fosfor pada buah naga yang tinggi dapat menjaga kekuatan tulang sehingga dapat mengurangi risiko osteoporosis dan penyakit tulang lainnya. Tidak hanya itu, kalsium yang ada pada buah naga juga efektif membantu meningkatkan pembentukan tulang dan gigi pada janin.
5.      Mengurangi risiko bayi lahir premature
Kandungan folat yang tinggi dapat mengurangi risiko terjadinya bayi lahir premature, karena kekurangan folat saat masa kehamilan akan menyebabkan bayi lahir secara premature.
6.      Menambah Energi
manfaat buah naga untuk ibu hamil
manfaat-buah-naga-untuk-ibu-hamil
Kerbohidrat yang terkandung dalam buah naga berfungsi sebagai sumber energi. Seorang ibu hamil dianjurkan memenuhi kebutuhan karbohidrat agar tidak mudah lelah saat mengandung.
7.      Membantu pertumbuhan janin dan sebagai Antioksidan
Kandungan folat dan vitamin B1 yang terkandung dalam buah naga sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin saat masa kehamilan, selain itu kandungan antioksidan juga bermanfaat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi janin sehingga janin terhindar dari bahaya yang dapat menyebabkan kecacatan dan lahir premature.
8.      Penyempurnaan indera mata buah hati
Selain itu, kandungan betakaroten yang ada di dalam buah naga yang berwarna merah bermanfaat menyempurnakan pembentukan indera mata pada janin yang dikandung.
9.      Membantu pembentukan sistem syaraf tulang belakang janin
Ibu hamil dianjurkan banyak mengonsumsi buah naga karena kandungan asam folat (vitamin B3) yang terdapat dalam buah naga dapat mencegah terjadinya kelainan atau cacat syaraf tulang belakang yang rentan terjadi pada buah hati.
10.  Menstabilkan tekanan darah

Tidak hanya itu, buah naga juga mengandung vitamin B yang bermanfaat menstabilkan tekanan darah pada ibu hamil yang mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi) yang membahayakan janin.

Itulah beberapa khasiat buah naga yang sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil serta dapat dikatakan menjadi alasan mengapa ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga secara teratur. Semoga artikel ini dapat bermanfaat khususnya bagi ibu hamil untuk memberikan kesadaran terhadap banyaknya manfaat ketika mengonsumsi buah naga.

No comments :

Post a Comment