Monday, April 3, 2017

Dibenarkankah Mandi di Malam Hari?

No comments :

Dibenarkankah Mandi di Malam Hari?
Mandi dimalam Hari

Mandi di malam hari merupakan aktivitas yang asing dan jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Namun dikarenakan beberapa faktor membuat orang melakukan mandi dimalam hari seperti pulang kerja dlarut malam, kehujanan di malam hari, berkeringat atau bisa juga disebabkan hal lain yang membuatnya harus mandi di malam hari. Mandi dimalam hari seperti ini sering dianggap tidak baik karena dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh, oleh sebab itu banyak orang tua yang melarang anaknya untuk mandi di malam hari. Hal tersebut memang ada benarnya, karena sebenarnya memang mandi malam dapat menyebabkan berbagai penyakit, namun apakah mandi malam juga memiliki manfaat bagi sebagian orang. Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa ternyata mandi di malam hari memiliki beberapa manfaat yang berguna bagi tubuh. Apa sajakah itu?
  • Memberikan Kesegaran Bagi Tubuh
Ketika tubuh terasa lemas dan penat akibat aktivitas sepanjang hari, dengan mandi maka tubuh akan menjadi segar kembali. Air di malam hari juga terasa lebih dingin sehingga akan terasa lebih menyegarkan dibanding kita mandi di pagi hari.
  • Membuat Otot Rileks
Aktivitas sepanjang hari akan membuat otot tubuh terasa kaku, nah dengan mandi anda bisa membuat otot kembali rileks. Meskipun demikian benarnya, anda dihimbau agar jangan melakukannya terlalu sering. Karena juga mempertimbangkan kesehatan diri anda.
  • Mengatasi Masalah Insomnia
Insomnia atau kesulitan tidur juga dapat diatasi dengan cara mandi malam. Ketika anda kesulitan tidur malam, maka cobalah anda mandi dengan air hangat sebelum tidur, mandi dengan air hangat dimalam hari akan membuat tidur menjadi nyenyak dan membuat tidur anda berkualitas.
  • Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Bagi anda yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, anda bisa mencoba untuk mandi malam guna mengatasinya. Mandi malam dapat menurunkan tekanan darah tinggi, namun meskipun demikian, anda juga tidak disarankan untuk mandi malam setiap hari.


Kunci dari kebermanfaatan mandi malam hari ini adalah anda tidak melakukannya setiap hari atau secara berlebih, karena selain mandi malam ini memiliki manfaat yang jarang diketahui banyak orang ternyata juga memiliki bahaya. Bahaya apa sajakah yang dimiliki mandi malam apabila kita terlalu sering melakukannya?
  • Menyebabkan Penyakit Rematik
Bahaya yang ditawarkan oleh kebiasaan mandi malam adalah penyakit rematik. Penyakit rematik adalah penyakit yang terjadi pada peradangan sendi tubuh. Orang yang terkena penyakit ini akan merasakan nyeri pada persendian tulangnya. Biasanya sendi akan terasa kaku dipagi hari, daerah persendian akan terasa hangat ketika diraba, dan menurunnya fungsi dari sendi yang terkena penyakit ini. Atau secara mudahnya yaitu penyakitnya orang tua.
  • Menyebabkan Demam
Pada malam hari tubuh kita akan dengan sendirinya mengalami peningkatan suhu sehingga pori-pori kulit akan ikut terbuka. Nah ketika mandi malam menggunakan air dengan suhu rendah atau dingin, pori-pori kulit akan menyangga dan menyerap air dingin tersebut, dan tubuh akan mengalami kondisi panas dan dingin sekaligus sehingga menyebabkan tubuh menjadi demam, pilek dan gejala-gejala lain sebagainya.
  • Paru-paru Basah
Banyak orang yang berasumsi bahwa mandi dimalam hari menyebabkan paru-paru basah hanyalah mitos belaka. Namun faktanya memang mandi malam dapat menyebabkan paru-paru basah. Suhu lingkungan sekitar yang dingin sekaligus ditambah dengan air yang dingin diyakini menjadi penyebab paru-paru basah. Biasanya penderita akan mengalami batuk berhadak, sulit bernafas, menggigil dan lain sebagainya.
  • Mengganggu Metabolisme Tubuh
Ketika dimalam hari suhu tubuh menjadi lebih panas, dan tubuh menjadi lemah karena kegiatan seharian. Dengan mandi malam mungkin dapat membuat tubuh menjadi segar kembali seperti sedia kala, namun hal itu justru menyebabkan metabolisme tubuh terganggu, jika tubuh tidak kuat menerima keadaan semacam ini maka dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti pilek, demam atau masuk angin.
  • Mampu Menyebabkan Penuaan Dini
Penuaan dini menjadi momok menakutkan terutama bagi kaum wanita, hal disebabkan karena penuaan dini dapat merusak penampilan semua orang. Air dingin di malam hari akan menyebabkan metabolisme tubuh terganggu sama seperti adik2mu, dan hal ini akan berpengaruh pada kulit yang menyebabkan kulit menjadi keriput.

Demikianlah informasi yang dapat tersampaikan mengenai manfaat dan bahaya mandi malam bagi kesehatan. Meskipun ada manfaatnya, baiknya anda hindari mandi dimalam hari. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

No comments :

Post a Comment