Sunday, April 2, 2017

Jerawat Menumpuk Di Wajah ??? Daun Sirih Merah Solusinya

No comments :


Negeri kita Indonesia ini merupakan negeri yang kaya akan berbagai macam Toga (Tanaman Obat Keluarga) yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Namun sayangnya masih cukup banyak potensi yang masih belum tergali dari dalam bumi Indonesia ini. Terdapat berbagai macam resep obat herbal untuk kesehatan dan kecantikan. Resep-resep tersebut biasanya merupakan warisan dari nenek moyang.
Salah satu jenis tanaman herbal yang sering digunakan sebagai bahan pengobatan tradisonal adalah tanaman sirih. Sirih merupakan tanaman herbal yang biasa ditemukan di berbagai daerah tropis seperti Indonesia. Tanaman yang dalam nama latinnya disebut Piper Crocatum ini termasuk dalam family Piperacea.

Tanaman sirih ini biasanya tumbuh merambat di batang-batang pohon lain. Terdapat 2 macam tanaman sirih, yaitu sirih dan sirih merah. Banyak sekali manfaat dari tanaman sirih ini, salah satunya dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan sirih dengan daun berwarna merah.
Sirih merah merupakan tanaman siri-sirihan yang sangat banyak manfaatnya. Selain warna daunnya yang menarik, tanaman ini dipercaya sebagai obat dari berbagai penyakit.  Daun sirih merah dikenal jauh lebih banyak manfaatnya jika dibandingkan dengan jenis daun sirih yang lain. Daun sirih merah memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya untuk menghilangkan jerawat. Daun sirih merah memiliki kandungan Polivenol yang cukup banyak sebagai salah satu bahan antiseptik yang bermanfaat untuk membasmi berbagai bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Pengobatan jerawat dengan cara tradisional ini dirasa lebih efektif dibanding dengan pengobatan non tradisional, karena cara tradisional ini bebas dari pemakaian bahan kimia yang akan membuat lebih aman bagi kesehatan kulit.
Dalam pemakaian obat herbal daun sirih merah ini hendaknya dilakukan secara rutin agar mendapatkan manfaat maksimal. Keberhasilan pengobatan ini harus disertai dengan selalu menjaga kebersihan kulit wajah. Berikut ini adalah cara meramu daun sirih merah agar menjadi obat penghilang jerawat:
Pertama, Sediakan daun sirih merah yang masih segar sebanyak 10 lembar, kemudian cuci hingga bersih dan tumbuk hingga halus. Campurkan daun sirih merah yang telah dihaluskan tersebut dengan air panas. Tunggulah beberapa saat hingga airnya menjadi hangat dan Anda gunakan untuk mencuci muka dengan pijatan lembut. Lakukan hal ini sebanyak 2 kali dalam sehari. Dengan pemakaian teratur, Anda akan merasakan hasilnya karena jerawat makin lama makin berkurang dan hilang.
Kedua, Selain sebagai pencuci muka, daun sirih merah juga dapat dikonsumsi untuk mendukung mengatasi dan mencegah jerawat dari bagian dalam tubuh.  Caranya yaitu: sediakan sebanyak 12 lembar daun sirih merah dan juga sepotong jahe yang telah dikupas dan dicuci hingga bersih. Seduh kedua bahan tadi  dengan air yang mendidih. Minumlah setelah air ramuan tersebut dingin sebanyak 3 kali dalam sehari. Selain menjadi cara menghilangkan jerawatramuan daun sirih merah ini juga baik untuk menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah.
Pengobatan jerawat dengan menggunakan daun sirih merah akan terasa manfaatnya jika dilakukan secara teratur. Penggunaan cara ini cukup aman bagi kulit wajah, karena hampir tidak ada efek samping yang muncul dari pengobatan herbal ini. Namun apabila anda merasakan suatu gejala seperti iritasi atau kulit kering setelah mengunakan ramuan daun sirih ini, sebaiknya pemakaian ramuan tersebut dihentikan.


No comments :

Post a Comment