Monday, March 27, 2017

Berbagai Manfaat Buah Untuk Ibu Hamil

1 comment :
buah untuk ibu hamil


Wanita mana yang tidak bahagia bisa melahirkan dengan normal dan lancar, apalagi anak yang dilahirkan sehat dan tampan/cantik? Demi mendapatkan kondisi yang prima dan kuat saat proses melahirkan dibutuhkan berbagai sumber nutrisi yang harus dimiliki sang ibu. Saat prosesi melahikan seorang ibu diibaratkan seperti atlet, yang berjuang mengerahkan segala tenaga dan daya upaya yang dimilikinya guna menghadirkan si bayi kecil ke dunia. Otot-otot pinggul, otot rahim, dan otot perut bekerja sangat keras selama persalinan berlangsung. Lalu apa jadinya jika kondisi ibu lemah dan rapuh? Maka proses melahirkan akan menjadi sebuah proses yang melelahkan dan menyakitkan.

Kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil sangatlah penting. Buah-buahan salah satunya, dapat menjadi pilihan tepat untuk mencakupi asupan nutrisi pada masa kehamilan. Berikut beberapa buah yang harus ibu makan untuk si kecil agar lahir dengan sehat dan persalinan terjadi dengan normal.



1. Apel
Buah ini sangat mudah di jumpai di daerah manapun, harganya pun juga terbilang murah di kantong. Beberapa manfaat yang terkandung dalam  buah apel diantaranya mencegah alzheimer pada anak, mencegah terjadinya kanker, mencegah pembengkakan pada ibu hamil, dan mencegah penyakit pre-eklamsia atau tekanan darah tinggi.

2. Pir
Didalam buah pir terdapat kandungan asam folat serta vitamin C yang cukup tinggi. Dimana asam folat dalam buah pir ini berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan janin. Buah pir ini juga kaya akan serat yang mencegah terjadinya sembelit pada ibu hamil.

3. Jambu Air
Jambu air mengandung vitamin dan nutrisi yang sangat tinggi. Selain itu, terdapat kandungan air yang cukup tinggi, hal ini akan membantu ibu hamil dalam mencegah terjadinya dehidrasi.

4. Alpukat
Buah yang satu ini mengandung asam folat yang cukup tinggi sehingga baik untuk ibu hamil. Selain itu alpukat juga mengandung kalium dan vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk mengurangi rasa mual saat kehamilan, baik pada hamil muda maupun hamil tua. Sedangkan kandungan asam folat berfungsi untuk meningkatkan perkembangan otak dan tulang belakang pada janin.

5. Kiwi
Tahukah anda? Buah kiwi yang jarang dikonsumsi oleh masyarakat ini mengandung kebaikan penting bagi ibu hamil. Yakni didalam buah kiwi terkandung antioksidan yang sangat tinggi, dapat melindungi dan menjaga daya tahan tubuh si bunda dari berbagai serangan penyakit.

6. Manggis
Buah manggis mengandung antioksidan, vitamin C dan asam folat yang tinggi. Jadi merupakan buah bergizi lengkap bagi ibu hamil dikemas hanya dengan mengkonsumsi buah manggis.

7. Buah Naga
Buah naga mempunyai kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk menjagadaya tahan ibu hamil dari serangan penyakit. Selain itu, buah naga juga memiliki kulit luar yang sangat tebal, sehingga terlindung dari pestisida dan aman dikonsumsi bagi ibu hamil.

8. Pisang
buah ini sangat mudah dijumpai bahkan kebanyakan masyarakat di Indonesia memilikinya dikebun samping rumah atau dibelakang rumah. Buah pisang mempunyai kandungan asam folat yang baik untuk janin. Selain itu, buah ini juga terkenal melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit. Untuk ibu hamil muda buah ini sangat bermanfaat untuk meringankan gejala morning sickness atau mual muntah pada ibu hamil.

9. Semangka
Didalam buah semangka terdapat kandungan air yang sangat tinggi, dapat mengatasi dehidrasi dalam tubuh ibu. Buah semangka juga berfungsi mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah, bermanfaat mengatasi pembengkakan pada kaki. Buah ini juga bermanfaat mengurangi gejala morning sickness sama halnya dengan pisang.


Nah, tadilah beberapa buah yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh si bunda. Semoga artikel diatas bermanfaat ya. Jangan lupa berikan komentar dan kritik saran kamu di kolom bawah ini. Sukses selalu untuk bunda jangan bosan-bosan berolahraga dan konsumsi buah segar. Happy pregnant! 

1 comment :