Sunday, March 26, 2017

Kopi: Aromanya Menggugah Selera, Bahayanya Mengancam Jiwa

No comments :

       Bagi anda yang suka begadang untuk mengerjakan tugas atau sekedar menonton bola, tentu tidak asing dengan kopi kan? Baru menghirup aromanya saja sudah menimbulkan hasrat untuk menengguk secangkir kopi. Maka, tak heran bila masyarakat Indonesia banyak yang mengkonsumsi kopi bahkan hingga 2-3 cangkir per hari. 
         Ada berbagai macam jenis kopi di dunia ini. Secara umum ada 4 (empat) jenis kopi, yaitu Kopi Arabika (Coffee Arabica), Kopi Liberika (Coffee Liberica), Kopi Robusta (Coffee Cannephora), Kopi Excelsa (Coffee Dewevrei). Diantara keempat ini best of the best nya adalah kopi Liberika. 
      Di Indonesia sendiri memiliki 6 dari 7 jenis Kopi Arabika  yaitu Gayo (Aceh), Mandaling (Sumut) ,Kintamani (Bali), Mangkuraja (Bengkulu),Jawa dan Kalosi (Toraja). Sementara satu jenis lainnya dihasilkan di Jamaica yang dikenal sebagai Blue Montain. Jenis Arabika yang termasuk langka adalah speciality arabica dan jenis lainnya adalah kopi Luwak. Dibalik keunikan setiap jenis kopi tersebut terdapat kandungan kafein yang berbeda-beda. Jenis kopi Robusta memiliki kandungan kafein yang tinggi, lain halnya dengan jenis kopi Arabika yang memiliki kandungan kafein lebih rendah. Kopi Arabika ini biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal dari kopi Robusta. 
          
Tahukah anda bahwa kafein yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan?

Waspadai, beberapa gejala yang dapat ditimbulkan apabila terlalu banyak mengkonsumsi kopi:
1.  Dapat menyebabkan constipation atau susah buang air besar.
2. Sering buang air kecil. Kandungan kafein akan menyebabkan tingginya aliran darah ke ginjal, sehingga produksi urine meningkat.
3.  Dapat menyebabkan sakit kepala sebelah (migren). 
4.  Dapat menyebabkan insomnia atau susah tidur.
5.  Timbul rasa gelisah.
6.  Mudah marah. Karena senyawa kafein dalam kopi dapat menimbulkan hipertensi.
7. Tidak bertenaga atau melemahkan daya tahan tubuh. Karena kandungan kafein dapat menyerap vitamin, mineral, serta cairan dalam tubuh. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih setelah mengkonsumsi kopi.
8. Jantung berdebar-debar atau meningkatnya detak jantung. Sehingga kopi sangat tidak dianjurkan bagi penderita jantung.
9. Gangguan pada lambung. Mengkonsumsi kopi dapat meningkatkan kadar asam lambung yang akan mengakibatkan timbulnya sakit maag.
10.Tangan gemetaran. Hal ini sebagai reaksi penolakan tubuh terhadap kandungan kafein yang berlebihan.
11.Tubuh berkeringat. Kafein juga dapat mengakibatkan tubuh cepat berkeringat dan perut terasa panas akibat keluarnya asam gastrat dari tubuh.
12.Iritasi usus. Sehingga dapat memicu gangguan pencernaan.
13.Kram otot. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya rasa ngilu atau kram pada otot karena kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi kadar creatin serum pada tubuh.
14.Kurang konsentrasi. Karena kafein dapat melemahkan sel otak.  
15.Menyebabkan dehidrasi karena kekurangan cairan dalam tubuh.

       Bila gejala di atas timbul ketika anda minum kopi, maka segera hentikan mengkonsumsi kopi. Karena kapasitas tubuh anda tidak mampu menerima kadar kafein tersebut. Bila timbul gejala yang berkelanjutan, harap segera periksakan diri anda ke dokter.  


No comments :

Post a Comment