Monday, March 27, 2017

Manfaat Buah Manggis Untuk Penderita Diabetes

No comments :


Senin, 27 Maret 2017
By Dewinta Oktaulia H
           
Manfaat buah manggis untuk diabetes 



Manggis (Garcinia Mangostana L.)
Siapa yang tak kenal dengan buah manggis? Buahnya yang lembut dan manis serta kulit manggisnya yang bisa dijadikan obat herbal alami. Selain untuk pengobatan  berbagai penyakit, kulit manggis ini juga bermanfaat untuk kecantikan. Salah satu jenis penyakit yang dapat  disembuhkan dengan buah manggis ini yaitu Diabetes.
                       
Diabetes adalah penyakit yang disebabkan kelebihan gula dalam darah, kelebihan gula ini dikarenakan pola makan yang tidak sehat, karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi. Selain itu, di dalam tubuh kita insulin sudah tidak bisa bekerja dengan baik. Insulin merupakan salah satu hormon penting yang mempunyai fungsi dalam memasukkan gula dari peredaran darah ke dalam sel. Kemudian diproduksi oleh kelenjar pankreas yang ada di dalam perut.
           
Jika penyakit diabetes ini bisa terkontrol dengan baik, maka penderita diabetes bisa hidup layaknya orang normal. Oleh karena itu, banyaklah mengkonsumsi makanan  alami  yang mengandung banyak vitamin untuk kesehatan.

Buah manggis dapat membantu mengobati diabetes karena di dalam buah manggis terdapat zat yang dapat memperlambat produksi hormon insulin, sehingga dapat menurunkan kadar gula dalam darah serta dapat menstabilkan kadar gula dalam darah. Senyawa antioksidan yang terdapat di dalam buah manggis memiliki manfaat bagi tubuh kita karena dapat melawan serangan radikal bebas yang dapat memperburuk kondisi tubuh penderita diabetes.

Manfaat buah manggis untuk diabetes lainnya adalah menjaga berat badan si penderita diabetes supaya tetap stabil dan dapat pula menurunkan berat badan. Hal   ini sangat baik bagi kondisi tubuh penderita diabetes karena jika berat badannya  stabil menunjukkan bahwa kadar gula dalam darahnya juga stabil (normal).
           
Selain daging buah manggis yang mengandung zat yang bisa mencegah diabetes, manfaat buah manggis untuk diabetes lainnya juga terdapat pada kulit buah manggis. Kulit buah manggis bisa menjadi salah satu solusi pengobatan herbal. Pengobatan herbal saat ini tengah menjadi sorotan karena sudah terbukti lebih    ampuh, aman dan sehat untuk mengatasi penyakit dibandingkan dengan menggunakan obat kimia yang  memiliki efek samping tidak baik bagi tubuh.
manfaat buah manggis untuk diabetes 


Cara Mengolah Kulit Buah Manggis
Cara 1: cara pengolahan kulit manggis untuk dijadikan obat herbal:
  1.  Pertama kita siapkan 2 buah manggis, lalu pisahkan kulit manggis dengan buahnya. Setelah itu keruk daging kulit manggis sampai semuanya habis dan buang cangkang luarnya.
  2. Kemudian campur daging kulit manggis dengan 1 gelas air putih, lalu haluskan dengan menggunakan blender.
  3. Setelah daging kulit manggis selesai di blender, endapkan daging kulit manggis tersebut selama 24 jam.
  4. Setelah endapan tersebut terpisah dengan airnya, kemudian pisahkan ampasnya dari ekstrak kulit manggis. Kemudian tambahan 2 sendok makan madu murni atau sesuai selera Anda supaya manis. Setelah semuanya tercampur merata antara ekstrak kulit manggis dengan madu, kemudian panaskan selama 10 menit. Hal ini berguna untuk menguapkan ethanol. Setelah itu diamkan pada suhu kamar sampai ramuan herbal ini dapat di minum. 
  5.  Minum secara teratur 2 kali sehari, ramuan diatas yang telah di atur untuk 2 kali minum
            Cara 2: Mengolah Kulit Manggis Untuk Berbagai Penyakit
1.    Satu buah manggis, ambil kulitnya, iris menjadi beberapa bagian lalu dijemur hingga kering
2.    Setelah kering, rebus dengan 2 gelas air
3.    Kemudian masukan ke dalam satu gelas air, dinginkan lalu minum secara teratur sehari sekali sampai kolesterol anda normal
4.    Setelah normal, untuk pencegahan cukup sekali dalam sepuluh hari
manfaat buah manggis untuk diabetes 
 
Cara 3 Dibuat Jus, caranya kerok kulit buah manggis sampai habis. Masukan ke dalam    blender kemudian campurkan air 1 gelas dan tambahkan gula secukupnya  agar rasanya menjadi sedikit manis, lebih baik anda gunakan gula merah/gula jawa. Bisa menambahkan madu agar rasanya tidak terlalu pahit, setelah itu blender  sampai halus. Kemudian minum dengan rutin setiap 2 kali sehari.

No comments :

Post a Comment