Tuesday, March 28, 2017

8 Manfaat Buah Apel yang Belum Anda Ketahui

No comments :



Setiap orang mungkin sudah pernah mendengar pepatah terkenal, “Sebuah apel sehari menjauhkan anda dari dokter.” Bahkan, anda mungkin pernah mendengar hal itu berkali-kali.

Pepatah tersebut terlihat seperti cara sederhana bagi orang tua untuk membuat si kecil mereka lebih banyak mengkonsumsi buah daripada permen, dan ternyata ada banyak bukti terkait manfaat buah apel yang mengagumkan untuk kesehatan anda.

8 Manfaat Buah Apel yang Belum Anda Ketahui

1. Buah Apel Kaya Akan Nutrisi

Buah apel memiliki macam – macam bentuk, ukuran, dan warna, dan juga dapat disajikan dalam beragam cara yang berbeda. Banyak aneka cara pengolahan pada buah apel ini karena selain bergizi buah apel juga memiliki rasa yang lezat.

Buah apel mengandung senyawa yang disebut phytochemical, yang merupakan senyawa pelindung yang biasanya dimiliki oleh kebanyakan buah-buahan dan sayuran. Phytochemical merupakan senyawa tanaman yang membantu melindungi tubuh kita terhadap penyakit kronis dengan menghambat proliferasi sel dan mengatur sistem kekebalan tubuh dan peradangan.

Phytochemical yang umum ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran adalah flavonoid. Di Amerika Serikat, 22% dari semua flavonoid yang dikonsumsi berasal dari buah apel.

Tubuh kita sangat membutuhkan suatu zat Antioksidan, karena zat tersebut membantu melawan radikal bebas yang terkait dengan berbagai kanker dan penyakit kronis. Bila dibandingkan dengan buah lainnya yang biasa dikonsumsi, buah apel memiliki tingkat aktivitas antioksidan tertinggi kedua.

Perlu untuk diketahui bahwa buah apel dapat membantu program diet anda. Satu buah apel berukuran sedang mengandung sekitar 4 gram serat larut, atau 17% dari asupan harian anda. Serat larut telah dikenal manfaatnya untuk membantu sistem pencernaan dalam usus anda, sehingga penumpukan lemak yang ada ditubuh dapat dihindari.

2. Buah Apel Sangat Menyehatkan Untuk Jantung Anda

Salah satu manfaat terbaik dari buah apel adalah dalam menjaga kesehatan jantung anda. Jika anda makan sebuah apel sehari (atau dua), sebuah studi tahun 2011 menunjukkan anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengapa?

Mengkonsumsi buah apel setiap hari ternyata menurunkan kadar kolesterol anda, serta menurunkan dua penanda lain yang terkait dengan pembentukan plak dan peradangan di dinding arteri anda.

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods dari The Ohio State University membagi 51 peserta menjadi tiga kelompok, satu kelompok makan buah apel sehari selama empat minggu, yang lain mengambil suplemen antioksidan harian, dan terakhir mengambil plasebo.

Mereka menemukan bahwa pemakan buah apel telah mengalami penurunan kolesterol “jahat” LDL yang paling signifikan, yaitu turun sebesar rata-rata 40%. Bila anda memiliki terlalu banyak kolesterol LDL, anda bisa menderita aterosklerosis – pengerasan arteri yang bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Jadi jika anda ingin jantung anda tetap berdetak kuat dalam usia tua anda, masukkan buah apel dalam menu utama harian anda.

3. Buah Apel Dapat Menurunkan Risiko Diabetes

Orang dengan penyakit diabetes sering mengalami kesulitan ketika harus memilih makanan yang tepat bagi mereka. Karena gula yang ditemukan di dalamnya, penderita diabetes khawatir jika makan terlalu banyak buah.

Menurut Harvard Gazette, apel dan buah-buahan lainnya dengan konsentrasi antioksidan yang tinggi bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Meskipun tidak semua penderita diabetes cocok dengan buah apel, namun mereka telah terbukti mengurangi risiko diabetes tipe 2 dari mengkonsumsi buah apel.

4. Buah Apel Sangat Menyehatkan Untuk Gigi Anda

Mungkin banyak yang belum mengetahui manfaat buah apel yang satu ini. Meskipun buah apel bukan pengganti sikat gigi, namun buah ini baik untuk menjaga senyum anda.

Karena sifat buah apel yang asam, mereka bertindak sebagai astringent untuk gigi anda – terutama serat yang ditemukan dalam kulit apel. Efek astringent membantu membersihkan dan mengencangkan gusi anda, serta dapat menghilangkan plak yang tersisa dari gigi anda.

Jika anda makan buah apel sebagai camilan di waktu makan, hal ini bukan saja akan membantu mulut anda dalam membersihkan gigi setelah makan terakhir, namun anda juga akan merasa sedikit kenyang pada jam makan berikutnya karena mengkonsumsi apel serta mendapatkan asupan lebih sedikit kalori!

5. Buah Apel Dapat Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat buah apel berikut ini tak kalah penting. Dengan terdapatnya kandungan gizi yang tinggi dari buah apel, mereka telah terkait dengan penurunan risiko berbagai jenis kanker.

Penelitian tentang pencegahan kanker pada hewan telah menemukan bahwa buah apel dapat membantu mencegah kanker usus besar dan mengurangi risiko limfoma non-Hodgkin sebesar 40%. Hal tersebut sebagian besar disebabkan oleh antioksidan yang disebut procyanidins yang ditemukan di dalam buah apel.

Sebuah studi berjudul “Apakah sebuah apel sehari dapat menjauhkan dari dokter onkologi?”, Menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi 1 atau lebih buah apel per hari berada pada risiko yang lebih rendah mengidap penyakit kanker, termasuk risiko 20% lebih rendah dari kanker kolorektal dan 18% lebih rendah risiko kanker payudara.

Dengan adanya kandungan flavonoid, American Association for Cancer Research menyimpulkan bahwa konsumsi buah apel, dapat mengurangi risiko perkembangan kanker pankreas hingga 23%.

6. Buah Apel Melindungi Dari Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik adalah nama yang diberikan kepada sekelompok faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah lain seperti stroke atau diabetes.

Dr Victor Fulgoni mempresentasikan hasil pada pertemuan Experimental Biology 2008, yang menunjukkan bahwa konsumsi buah apel secara rutin memiliki efek 27% kemungkinan menurunkan didiagnosis sindrom metabolik.

7. Buah Apel Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Inilah salah satu manfaat buah apel lainnya yang luar biasa. Temuan yang diterbitkan dalam Brain, Behavior, and Immunity menunjukkan bahwa serat larut seperti pektin yang ditemukan dalam buah apel, serat larut tersebut dapat mengurangi peradangan dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh anda.

Gregory Freund dari Universitas Illinois ‘College of Medicine mengungkapkan bahwa , “Serat larut mengubah kepribadian sel kekebalan tubuh – dari sel pro-inflamasi menjadi sel-sel penyembuhan anti-inflamasi yang membantu kita lebih cepat sembuh dari infeksi.”

Tidak semua serat diciptakan sama. Tapi serat larut yang ditemukan dalam buah apel mungkin memberi efek positif yang besar bagi kekebalan tubuh anda.

8. Buah Apel Melindungi Anda Dari Penyakit Neurologis

Para peneliti menemukan bahwa antioksidan dalam buah apel, jeruk, dan pisang dapat membantu mengurangi kerusakan pada sel-sel saraf di otak dan tulang belakang yang disebabkan oleh berbagai penyakit.

Apel adalah salah satu buah yang memiliki konsentrasi antioksidan dari daftar buah yang telah disebutkan tadi. Terutama jika apel dikonsumsi bersamaan dengan kulitnya.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa pria yang mengkonsumsi flavonoid dalam jumlah tinggi, seperti yang ditemukan dalam buah apel, mungkin dapat menurunkan risiko penyakit Parkinson.


Yuk, konsumsi apel secara rutin dari sekarang! Agar kesehatan tubuh kita dapat terjaga.

No comments :

Post a Comment