Saturday, March 25, 2017

Tahu Buah Sukun?? Ini dia Manfaat Buah Sukun

No comments :
Buah sukun seringnya tumbuh di pedesaan yang tingginya kurang lebih 15 meter. Namun, di beberapa negara lain ada yang hingga 30 meter. Buah sukun tergolong buah musiman yang setiap musimnya dapat menghasilkan kurang lebih 200 buah. Kulit buah ini berduri sama seperti nangka, durian, dan sempedak.
Di beberapa daerah tertentu buah sukun dikonsumsi sebagai makanan pokok karena memiliki karbohidrat yang tinggi. Buah sukun mempunyai buah yang lunak tanpa biji. Bahkan beberapa orang menyebutnya sebagai buah roti. Dan istemewanya adalah buah sukun bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan.



Berikut adalah manfaat dari buah sukun:
  • Makanan Diet

Buah sukun ini sangat cocok bagi anda yang sedang dalam masa diet atau menguruskan badan, karena jumlah kalori yang ideal serta mempunyai serat tinggi sehingga buah sukun sangat cocok untuk dijadikan daftar makanan untuk anda yang ingin diet.
  • Kaya Karbohidrat

Beberapa daerah memanfaatkan buah sukun sebagai makanan pokok, karena mengandung sangat banyak karbohidrat. Dan tentu dapat menahan lapar lebih lama dibandingkan dengan makan nasi.
  • Merawat Kulit

Omega 3 dan omega 6 dalam buah sukun memberikan kandungan yang baik untuk kesehatan kulit dan mempunyai vitamin C yang bagus sekali untuk kesehatan kulit.
  • Mengatasi Susah BAB

Buah sukun kaya sekali akan serat sehingga dapat memberikan manfaat yang baik untuk kelancaran BAB (Buah Air Besar). Selain itu dapat pula mengeluarkan racun yang ada pada usus.
  • Mengobati Sakit Jantung

Salah satu penelitian, yaitu penelitian Pusat Penelitian Kimia LIPI menjelaskan bahwa buah sukun dapat mengobati sakit jantung karena sukun mempunyai flavonoid dan sitosterol yang bermanfaat untuk pembuluh darah yang dapat mengobati kesehatan jantung manusia.
  •  Merawat Rambut

Asam lemak omega 6 dapat bermanfaat baik untuk kesehatan rambut, dan buah sukun memiliki asam lemak omega 6. Asam lemak omega 6 tersebut dapat menyehatkan rambut yang rontok, kusam, dan bahkan dapat menghindari rambut botak.


            Satu hal yang perlu dingat adalah hidup sehat itu tidaklah mahal. Mengapa orang pada zaman dahulu lebih sehat dan hidup lebih lama, karena belum banyaknya bahan-bahan makanan modern seperti zaman sekarang. Dengan mengetahui manfaat buah sukun di atas, semoga anda dapat memanfaat sukun sebagai sumber kesehatan. 

No comments :

Post a Comment