Friday, March 31, 2017

MENGKONSUMSI BUAH SEBAIKNYA DIBLENDER, DIMAKAN MENTAH ATAU DIJUS

No comments :











Biasanya untuk mengkonsumsi buah buahan ada tiga cara dalam penyajiannya, yang biasa dilakukan adalah dengan di ambil sari buahnya atau yang biasa kita sebut diblender, kemudian dijus, dan yang satunya adalah dengan disajikan secara mentah. Dari ketiga tersebut berdasarkan para ahli memiliki karakter masing masing tiap metodenya 

Yang pertama adalah dengan disajikan dengan mentah, menurut konsultan gastrohepatologi anak dr. Frieda Hnadayani Kaswanto, SpA (K), dari RS Evasari buah buahan bila disajikan secara mentah setidaknya ada tiga manfaat yang didapatkan yaitu pertama  mampu merangsang rahang saat mengunyah terutama pada anak anak dikarenakan masih pada proses pertumbuhan, kedua membantu proses keluarnya enzim selulosa dari dalam tubuh yang nantinya akan membantu proses penyerapan nutrisi di dalam tubuh, dan yang ketiga adalah adanya asupan serat larut dan tidak larut yang nantinya akan berguna untuk menjaga pencernaan pada tubuh.

Yang kedua adalah denga metode dijus, untuk dijus perbedaanya hanya pada enzimnya yang nantinya akan keluar pada saat di blender. Keuntungannya saat diblender buahnya menjadi lebih halus dan lebih mudah untuk dicerna dan diserap oleh tubuh, akan tetapi  kerugiannya pada diblender adalah tidak adanya stimulasi pada rahang dikarenakan mulut tidak mengunyah.

Yang ketiga adalah dengan cara menggunakan alat juicer yaitu dengan memisahkan ampas dengan cairan yang ada pada buah buahan,keuntungannya adalah vitamin yang ada pada buah tetap akan mudah dicerna oleh tubuh, akan tetapi jika menggunakan alat juicer ini tidak mendapatkan serat. Dikarenakan ampas tadi sudah dipisahkan, dan sebenarnya ampas tersebut merupakan serat yang tidak larut atau tidak berbentuk cairan. Namun masih memiliki vitamin dan mineral yang masih ada pada cairan buah buahan tersebut.

Itu tadi merupakan ketiga cara/ metode dalam mengonsumsi buah buahan, tiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan pada intinya tiap tiap metode tidak mengurangi kandungan nutrisi yang ada pada buah buahan. Jadi perbanyaklah makan buah buahan.

No comments :

Post a Comment