Sunday, March 26, 2017

5 MANFAAT MINYAK ZAITUN BAGI KESEHATAN

No comments :

Buah zaitun memiliki kandungan minyak yang berkhasiat dan bermanfaat bagi kesehatan. Minyak zaitun tergolong minyak yang sehat karena hanya terdapat 14 persen lemak jenuh yang terkandung didalamnya. Sekalipun minyak yang terkandung menyehatkan, Anda harus tetap membatasi dan mengotrol asupan lemak untuk tubuh anda. Gunakan minyak zaitun secara baik dan benar agar Anda dapat merasakan berjuta manfaat minyak zaitun. Berikut ini merupakan manfaat minyak zaitun yang berguna bagi kesehatan tubuh anda.
1.     Kesehatan Kulit dan Rambut
Minyak zaitun kaya akan asam lemak dan antioksidan yang berguna untuk melembabkan, mengidrasi dan melindungi. Kandungan terpenting dalam muinyak zaitun adalah vitamin E, dimana dapat diamplikasikan langsung pada kulit atau melalui makanan. Vitamin E terbukti melindungi kulit dari paparan radiasi ultraviolet, melindungi kulit dan mencegah penuaan. Anda dapat memperoleh wajah yang cerah dan sehat dengan mengoleskan beberapa tetes minyak zaitun ke bagian wajah yang dianggap perlu, kemudian membasuhnya dengan ait hangat. Selain itu minyak zaitun dapat digunakan sebagai kondisioner alami dengan mencampurkan minyak zaitun dan telur, kemudian diaplikasikan ke rambut sebelum keramas.
2.     Kesehatan Sistem Pencernaan
Konsumsi rutin vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal yang dimiliki oleh minyak zaitun dapat menurunkan potensi kanker usus. Kedua kandungan dalam minyak zaitun tersebut dapat menetralisir radikal bebas. Minyak zaitun mengaktifkan sekreasi empedu dan hormon pangkreas secara lebih natural dibandingkan obat, sehingga menurunkan pembentukan batu empedu.
3.     Kesehatan Mata
Konsumsi minyak zaitun dalam makanan ternyata sangat berguna bagi kesehatan retina mata, satu cangir minyak zaitun mengandung 10% dari asupan vitamin A yang disarankan setiap harinya. Vitamin A juga sangat dipercaya efektif dalam mengatasi penyakit katarak, degradasi macula, dan penyakit mata lainnya.
4.     Menurunkan kolestrol Tinggi
Seperti yang dijabarkan diatas, bahwasannya minyak zaitun memiliki 14% lemak tak jenuh yang sangat berguna bagi tubuh. Minyak zaitun terkenal dikalangan masyarakat luas dalam mengurangi kadar kolestrol dalam darah. Penggunaan minyak zaitun untuk menurunkan kolestrol dapat diaplikasikan pada makanan sebagai pengganti minyak sanyur.
5.     Menghilangkan Nyeri
Kandungan oleokantal yang terdapat pada minyak zaitun ternyata bermanfaat dalam mencegah radang yang dapat disetarakan dengan penghilang rasa sakit (ibuprofen) atau jenis obat radang lainnya. Selain meredakan nyeri manfaat minyak zaitun lainnya adalah bisa digunakan untuk luka bakar, luka sobek atau luka yang bersifat peradangaan lainnya

No comments :

Post a Comment