Thursday, March 30, 2017

Kenapa Mata Merah??? Ini dia Beberapa Penyebabnya

7 comments :

Anda pasti pernah mengalami mata merah bukan???

Nah sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan mata merah, biasanya terjadi karena disebabkan oleh pembuluh darah yang bengkak atau melebar pada sclera, yakni permukaan terluar putih pada mata Berikut ini adalah penyebab mata merah pada umumnya: 


-      - Mata kering
Mata kering adalah salah satu penyebab mata merah, produksi air mata yang sedikit pada seseorang membuat mata menjadi radang bahkan iritasi. Tidak jarang sebagian orang mengalami rasa perih pada mata, pada kondisi ini anda bisa melakukan tindakan dengan menggunakan obat tetes mata yang bisa didapatkan diapotek terdekat.

-      - Alergi
Pada mata yang sensitif seringkali karena alergi pada zat-zat asing seperti debu, peralatan make up, bahan-bahan kimia bahkan bisa juga disebabkaan oleh hewan peliharaan. Jika anda mengalami alergi, tubuh akan melepaskan histamin sebagai bagian dari respons inflamasi yang terjadi untuk 'melawan' alergen pelakunya. Akibatnya, histamin yang dilepaskan yang menyebabkan pembuluh darah di mata membesar, membuat mata menjadi merah dan berair. Untuk menanganinya anda bisa memeriksakannya ke dokter untuk diberikan antihistamin. 

-      - Pemakaian kontak lensa
Bagi anda yang suka memakai kontak lensa pada mata juga disarankan lebih hati-hati dalam menggunakannya. Penggunaan yang tidak benar dan kotor dapat menyebabkan mata alergi. Perlu anda ketahui, sebenarnya pemakaian kontak lensa yang berlebihan dapat memperburuk kondisi sindrom mata kering. Mata merah saat memakai kontak lensa bisa menjadi tanda dari infeksi mata serius, seperti keratitis atau infeksi mata jamur. Jika terjadi kondisi tersebut, sebaiknya segera ditangani oleh dokter agar diberi tindakan yang tepat.

-      - Aktivitas di depan layar komputer
Bagi anda yang sering beraktivitas di depan layar komputer untuk bekerja, main game, atau belajar hendaknya lebih dikontrol agar tidak berlebihan. Mata yang terlalu lama di depan layar komputer dapat mengakibatkan rasa terbakar dan berujung pada sindrom penglihatan komputer. Jika anda tidak bisa menghindari aktivitas di depan layar komputer, anda bisa melakukan alternatif dengan menggunakan kacamata, mengatur waktu istirahat saat bekerja, dan rajin menggunakan obat tetes mata sesuai porsinya.

-      - Merokok
Merokok merupakan kegiatan yang sudah biasa dilakukan oleh sebagian orang. Anda harus tahu, kebiasaan merokok sebenarnya dapat menjadi salah satu penyebab mata merah. Asap tembakau yang dihasilkan oleh rokok dapat menyebabkan mata iritasi, kering, dan gatal. THC, yaitu bahan psikoaktif utama dalam ganja, menyebabkan pelebaran signifikan pembuluh darah pada mata, memproduksi kemerahan mata yang dapat berlangsung beberapa jam atau bahkan lebih lama. Untuk anda yang sudah terbiasa merokok, hendaknya dapat menguranginya demi menjaga kesehatan mata. 

7 comments :