Monday, March 27, 2017

Tips diet buah dan sayur, turunkan berat badan hingga 5 kg dalam seminggu

No comments :
Diet buah dan sayur, dapat turunkan berat badan hingga 5 kg dalam seminggu


















Pengen diet tapi susah? Nah ini dia tips diet yang cocok untuk anda si pecinta buah dan sayur!

     Buah dan sayur memang penting bagi tubuh kita, buah dan sayur dapat memenuhi kebutuhan tubuh kita akan vitamin dan serat. Vitamin yang dihasilkan dari setiap buah dan sayur berbeda - beda, khasiatnya pun juga beragam. Nah kali ini kita akan membahas mengenai diet dengan menggunakan buah dan sayur, dalam kurun waktu seminggu saja bisa membuat berat badan turun hingga 5 kg. Penasaran? cek pemaparannya dibawah ini ya!


     Diet dengan menggunakan buah dan sayur selain sehat juga cepat dalam menurunkan berat badan, apalagi jika kita taat sesuai dengan jadwal dietnya dan menjaga mata agar tidak memakan makanan lain. Karena kita tinggal di Indonesia, maka buah dan sayur yang kita gunakan untuk diet kali ini menggunakan buah dan sayur lokal saja agar mudah didapat.

Berikut jadwal diet yang harus anda lakukan:

Hari Pertama
     Saat hari pertama makanlah hanya buah saja, apapun buahnya. Pilihlah buah yang anda sukai dan mudah anda dapatkan. Dan jangan lupa untuk mengimbanginya dengan air putih. Makanlah saat anda merasa lapar saja.

Beberapa buah lokal yang dapat menjadi pilihan menu diet anda, berikut daftarnya:

1. Pisang
Buah pisang mengandung vitamin B kompleks, B6 dan C. Memiliki kandungan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi dan kalsium. Selain itu terdapat serotonin sebagai neurotransmitter untuk kelancaran fungsi otak.

2. Apel
Buah apel mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9 dan C. Dan mineral seperti kalsium, magnesium, potasium, zat besi dan zinc. Memiliki kandungan serat tinggi tetapi memiliki kalori yang rendah. Apel juga mengandung fitokimia yang merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas.

3. Pir
Buah pir mengandung vitamin B9, B kompleks, C dan K. Memiliki serat yang lebih tinggi dibanding semua jenis buah. Ingat ya serat sangat penting bagi orang yang sedang diet, karena akan membuat perut kenyang lebih lama dan pastinya dapat melancarkan pencernaan. Kandungan lain yang dimiliki pear adalah potassium, potassium ini dapat menurunkan jumah kolesterol jahat dan sangat bagus untuk jantung.

4. Jeruk
Buah jeruk mengandung vitamin C, dan kandungan gizi esensial sepert kalsium, potassium, folat, thiamin, vitamin B6,magnesium, fosfor, niacin, tembaga, asam pantotenat, dll.

5. Alpukat
Buah alpukat mengandung vitamin A, B, C, E dan K. Kandungan lainnya seperti fosfor magnesium, potassium, zat besi dan mengandung antioksidan yang banyak dari buah lainnya.

Dan masih banyak lagi buah lainnya, yang pasti pilihlah buah yang anda sukai dan mudah didapat.

Hari Kedua
     Untuk hari kedua makanlah hanya sayur saja, apapun jenis sayurnya dan bagaimanapun cara anda memakannya misal anda bisa memakan sayur secara mentah ataupun dimasak terlebih dahulu sesuai selera anda. Disini anda tidak perlu menghindari garam dan gula. Makanlah saat anda lapar saja ya...

Beberapa daftar sayur yang dapat anda pilih antara lain:

1. Brokoli
Brokoli mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, C, E dan K. Kandungan lainnya serat, protein, asam lemak omega 3, kalsium, potassium, fosfor, zat besi, zinc, magnesium, dll.

2. Bayam
Bayam mengandung vitamin A, B9, C, E dan K. Kandungan lainnya yakni kalsium, zat besi, potassium, magnesium, dan mineral lainnya.

3, Wortel
Wortel mengandung vitamin A dan C yang sangat tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya, selain itu juga memiliki kandungan serat, antioksidan dan mineral.

4. Tomat
Tomat mengandung vitamin A dan C, asam folat, likopen, beta karoten, lutein, asam alfa lipoic yang dapat membantu tubuh mengubah glukosa menjadi energi.

5. Kacang - kacangan
Kacang - kacangan mengandung vitamin A, B kompleks, E dan K. Dan pastinya tinggi protein bahkan melebihi daging dan telur, zat besi, fosfor, kalsium, kolin, omega 3 dan omega 9.

Dan masih banyak jenis sayuran lainnya, jangan lupa untuk selalu mengimbanginya dengan konsumsi air putih.

Hari Ketiga
     Untuk hari ketiga anda dapat mencampur keduanya yakni buah dan sayur, apapun jenisnya sesuai dengan selera anda dan imbangi air putih. Makanlah saat anda merasa lapar saja.

Hari Keempat
     Hari keempat anda dapat memakan buah saja dan boleh minum jus kesukaan anda, tetap jangan lupa untuk minum air putih untuk mengimbangi. Makanlah saat anda merasa lapar saja.

Hari Kelima
     Khusus untuk hari kelima sebenarnya cukup ekstrim yakni minum air putih seperti biasa dan apel satu biji saja, tetapi jika anda tidak kuat maka anda boleh makan beberapa biji apel saat merasakan lapar. Kenapa apel? karena apel memiliki serat yang cukup dan mengandung air sehingga dapat membuat kenyang sedikit lama. Selain itu mengandung gula yang dapat memberikan energi.

Hari Keenam
     Untuk hari keenam anda dapat bernafas sedikit lega (sedikittttt.....) anda dapat mengkonsumsi buah, sayur dan 3 sendok nasi lalu imbangi dengan minum air putih.

Hari Ketujuh
     Dannn..... untuk hari ketuju anda dapat mengkonsumsi (tetap yaa...) buah dan sayur dengan 3 sendok nasi dannn... minumlah minuman kesukaan anda (boleh milkshake, coklat atau lainnya) dan tetap jangan pernah sekali - sekali untuk melupakan minum air putih ya!

     Selain buah dan sayur, air putih juga memiliki peran yang sangat penting dalam proses diet ini. Air putih dapat membantu kita merasa kenyang dan juga sekaligus dapat membersihkan tubuh dari racun radikal bebas, apalagi air hangat yang khasiatnya lebih bagus untuk melunturkan lemak.

Nah itu dia tips diet dengan buah dan sayur yang memang cukup ekstrim untuk anda yang tidak terbiasa makan buah dan sayur sebelumnya. Diet ini pernah saya coba sendiri dan memang benar bahwa diet ini dapat menurunkan berat badan hingga 5 kg dalam seminggu jika anda benar - benar patuh dan taat dengan apa yang sudah saya tulis diatas tadi. Dan imbangi dengan olahraga yang ringan saja seperti workout dirumah saja.

Semoga bermanfaat!

No comments :

Post a Comment