Monday, March 27, 2017

5 Buah yang Bermanfaat untuk Mengatasi Masalah Kulit Berjerawat Secara Alami

No comments :
5 Buah yang Bermanfaat untuk Mengatasi Masalah Kulit Berjerawat Secara Alami

Manfaat Buah-Buahan

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling ditakuti oleh sebagian besar wanita. Bagi mereka (khususnya kaum hawa) jerawat adalah monster paling mengerikan yang kedatangannya sangat tidak diharapkan karena dapat merusak rasa percaya diri mereka. Apalagi jika mereka mempunyai jadwal kencan dengan si doi, pastilah mereka akan mencari seribu alasan untuk menghindari si doi.

Nah, bagi anda yang sedang memiliki masalah yang sama, anda pasti akan berlomba-lomba mencari pembersih, pelembab wajah, cream anti jerawat, atau bahkan tak segan pergi ke salon untuk facial dan rela merogoh kocek cukup dalam untuk melakukan treatment kulit berjerawat. Namun, kegiatan seperti itu sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan, karena sebenarnya tidak baik untuk kesehatan kulit. Nah, daripada memakai cream gaje alias nggak jelas, lebih baik gunakan bahan yang alami untuk mengatasi kulit berjerawat anda. Berikut adalah 5 buah yang bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit berjerawat secara alami:

1.        Strawberry
Manfaat Buah Strawberry

Buahnya yang berwarna merah menandakan bahwa buah ini kaya akan pigmen warna antosianin dan antioksidan. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C, yang kaya akan serat rendah kalori, asam folat, potassium, serta asam ellagic. Asam ellagic ini bermanfaat untuk mengatasi keriput dan memperbaiki sel maupun jaringan kulit yang rusak yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Mengonsumsi buah strawberry secara teratur dapat membantu proses regulasi tekanan darah. Sehingga akan membantu meredakan stress yang merupakan salah satu pemicu utama munculnya jerawat. Selain itu, kandungan asam salisilat pada strawberry apabila digunakan sebagai masker dapat mengatasi masalah jerawat dan kulit berminyak. Kandungan vitamin B1, B2, dan provitamin A di dalamnya juga dapat membuat kulit lebih cerah dan bersih.

2.        Pisang
Manfaat Buah Pisang

Buah ini merupakan anti-bakteri natural yang sangat baik dalam mengobati noda hitam dan jerawat pada kulit wajah. Antioksidan dan vitamin yang ada pada buah pisang juga berperan dalam mencegah penuaan dini. Kandungan potassium yang tinggi pada pisang jika dikonsumsi secara rutin dapat mengontrol keseimbangan natrium dan pelepasan cairan dalam sel sehingga amat baik untuk mengatasi produksi minyak berlebih pada wajah. Kandungan vitamin A dan Kalium pada buah pisang merupakan nutrisi yang baik untuk menjaga kulit tetap lembab. Selain itu, kulit pisang juga bisa dimanfaatkan sebagai scrub untuk membuang kulit kering yang sudah mati.

3.        Lemon
Manfaat Buah Lemon

Buah ini merupakan anti-bakteri alami yang dapat mengatasi jerawat. Kaya akan vitamin C yang dapat mengurangi minyak serta bintik merah pada kulit wajah. Kandungan Vitamin C mampu menghilangkan radikal bebas dan memacu produksi kolagen untuk mengencangkan kulit wajah. Selain itu, asam sitrat pada lemon mampu mencerahkan kulit wajah. Vitamin B dan fosfor juga membantu menghilangkan flek hitam pada wajah.

4.        Tomat
Manfaat Buah Tomat


Kandungan vitamin C, vitamin A dan lycopene pada tomat sangat tinggi, dapat bermanfaat untuk memutihkan wajah dan menghilangkan jerawat. Selain bisa dikonsumsi secara langsung atau dijus, tomat bisa juga dijadikan sebagai masker alami. Caranya, cukup dengan menghancurkan satu buah tomat segar hingga memiliki tekstur seperti bubur. Setelah itu, oleskan merata ke seluruh wajah, kemudian diamkan selama satu jam lalu bersihkan dengan air hangat.

5.        Mentimun
Manfaat Buah Timun


Mentimun memiliki kandungan air sebanyak 90%, yang dapat digunakan untuk menjaga kelembaban kulit, menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati pada wajah, mengecilkan pori-pori dan membuatnya tetap terhidrasi. Karena sifat mentimun yang dingin di kulit, mentimun juga dapat membantu mengurangi jerawat yang meradang kemerahan. 

No comments :

Post a Comment