Wednesday, March 29, 2017

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

No comments :
Manfaat Buah Kurma




Kurma merupakan buah khas timur tengah yang sudah tidak asing lagi di wilayah Indonesia. Pada bulan ramadhan buah ini cukup banyak digandrungi para umat muslim yang menjalankan ibadah puasa untuk dijadingan kudapan pembuka puasa, karena memang rasanya yang manis dan sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad saw. Selain rasanya yang manis, ternyata buah yang berwarna cokelat dan memiliki bentuk yang mungil ini memmiliki khasiat yang sangat besar untuk tubuh manusia.

Kurma mempunyai kandungan yang tidak dapat diragukan lagi manfaatnya. Kurma mempunyai kandungan vitamin, serat, mineral kalsium, sulfur pottasium, fosfor, mangan, tembaga dan magnesium, dimana diketahui semua kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.
 
Berikut merupakan beberapa manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh:
1.     Menjaga agar tulang tetap kuat
Buah kurma mengandung mineral yang sangat bermanfaat untuk memperkuat tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Mengkonsumsi kurma dapat dipercaya dapat mengurangi risiko kerapuhan tulang, terutama bagi orang yang memasuki usia dewasa.
2.     Mengatasi sembelit
Mengkonsumsi buah kurma dapat mengatasi masalah pencernaan, hal ini disebabkan karena kandungan serat yang ada dalam buah kurma cukup banyak. Kurma dapat memperlancar proses pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.
3.     Mengurangi lemak
buah kurma maengandung zat kalium dan sulfur yang mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan jantung, da bermanfaat untuk menghancurkan lemak di dalam tubuh. Sering mengkonsumsi kurma, terutama saat pagi hari dapat meningkatkan kekebalan tubuh, serta membantu untuk cepat menurunkan berat badan secara alami dan aman.
4.     Menjaga Kesehatan Jantung
Kurma banyak mengandung akan zat potassium, dari risetn yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kandungan potassium yang ada pada buah kurma sangat  bermanfaat untuk mengurangi risiko seseorang terkena stroke, serta untuk mengurangi tingkat kolesterol LDL (low density lipoprotein) atau kolesterol jahat di dalam tubuh, yang sudah diketahui bahwa LDL atau kolesterol jahat tersubut adalah salah satu penyebab dari penyakit jantung.
5.     Mengatasi Anemia
Kandungan zat besi yang cukup banyak didalam kurma sangat bermanfaat untuk mengatasi kekurangan zat besi pada orang ynag menderita anemia.
6.     Memelihara Kesehatan Sistem Syaraf
Kandungan vitamin di dalam kurma bermanfaat untuk menjaga  kesehatan sistem syaraf. Kandungan potassium membuat  sistem syaraf yang sehat dan responsif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir dengan baik.

Oleh karena itu, kurma menjadi salah satu makanan yang baik bagi orang-orang yang mulai menua, yang umumnya kesehatan sistem syaraf ( daya ingat dan daya pikir) mulai menurun. Dengan mengkonsumsi buah kurma membantu untuk menjaga ketajaman pikiran.

No comments :

Post a Comment