Monday, March 27, 2017

Kandungan Gizi pada Buah Pisang yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

No comments :
Kandungan Gizi pada Buah Pisang yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang
Kandungan_Gizi_pada_Buah_Pisang_yang_Jarang_Diketahui_Oleh_Banyak_Orang.jpg


Pisang merupakan buah-buahan yang sering ditemukan di Indonesia bahkan pisang merupakan salah satu buah yang sangat mudah kita temui. Buah pisang mudah di dapatkan pada semua tempat dan dengan harga yang relatif terjangkau untuk semua kalangan masyarakat. Buah pisang cocok sebagai makanan pencuci mulut. Mengkonsumsi pisang secara rutin ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pisang mengandung kandungan gizi yang sangat tinggi dan jarang diketahui oleh banyak orang. Berikut akan diulas secara detail dan mendalam kandungan yang ada di dalam buah pisang.
Kandungan vitamin A sebanyak 81 UI
Kandungan vitamin B6 sebanyak 0,5 miligram
Kandungan vitamin C sebanyak 9 miligram
Kandungan kalium sebanyak 450 miligram
Kandungan potassium sebanyak 400 miligram
Kandungan magnesium sebanyak 34 miligram
Kandungan karbohidrat sebanyak 23 gram
Kandungan protein sebanyak 1 gram
Kandungan folat sebanyak 25 microgram
Kandungan mangan sebanyak 0,3 miligram
Kandungan riboflavin / vitamin b12 sebanyak 0,1 miligram
Kandungan niacin / vitamin b3 sebanyak 0,8 miligram
Kandungan zat besi sebanyak 0,3 miligram
Kandunga serat sebanyak 3 gram
Kandungan sodium sebanyak 1 miligram

Kandungan Vitamin yang Sangat Tinggi pada Buah Pisang

Buah pisang mengandung berbagai vitamin yaitu vitamin A, B12, B3, B6 dan C
Vitamin A; jumlah vitamin A dalam buah pisang cukup tinggi jumlahnya. Memiliki nama lain retinol atau retinoic acid. Sangat baik sebagai pemasok antioksidan dalam tubuh. Antioksidan yang didapatkan melalui konsumsi dari buah pisang juga mampu melawan berbagai jenis penyakit.
Vitamin B12; salah satu jenis vitamin yang terdapat dalam buah naga dalam jumlah yang cukup banyak. Dikenal juga dengan nama riboflavin yang memiliki manfaat dalam mendukung kerja sistem saraf dan sistem pembentukan DNA. Selain itu, riboflavin juga memiliki peranan penting dalam pembentukan hemoglobin atau sel darah merah dalam tubuh manusia.
Vitamin B3; vitamin ini dikenal juga dengan nama niasin. Merupakan vitamin yang sangat bermanfaat untuk mengikat kolesterol jahat dan menguranginya menumpuk dan membahayakan kondisi tubuh. Sehingga buah naga, merupakan buah yang sangat cocok dikonsumsi oleh para penderita kolesterol tinggi.
Vitamin B6; merupakan vitamin yang dikenal juga dengan nama prydoxine. Vitamin B6 ini terkandung pada buah pisang dalam jumlah yang cukup dominan. Karena terdapat kandungan vitamin B6 pada buah pisang, maka dengan menggunakan buah pisang kebutuhan kulit, wajah, dan rambut serta kesehatan akan vitamin dapat tercukupi dengan baik.
Vitamin C; kadar vitamin C dalam buah pisang sangatlah tinggi jumlahnya. Jika kita rutin mengonsumsinya, maka kebutuhan tubuh akan vitamin C dapat tercukupi dalam satu kali konsumsi saja per harinya. Sehingga buah pisang dipercaya menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi harian oleh anda.

Kandungan Mineral yang Sangat Tinggi pada Buah Pisang

Buah pisang mengandung beberapa jenis mineral yang dapat membantu sistem-sistem dalam tubuh manusia. Mineral yang pasti dan ada dalam jumlah banyak di dalam buah pisang adalah kalium, potassium, folat, mangan, zat besi, sodium, dan magnesium. Ketujuhnya memiliki banyak peranan penting dalam tubuh manusia. Bayangkan saja betapa kayanya buah pisang dalam satu buahnya. Anda dalam sekali konsumsi dapat memasok tujuh mineral sekaligus. Sehingga kemampuan buah pisang untuk menyediakan mineral sangatlah dibutuhkan manusia. Itulah yang menyebabkan alasan buah pisang memiliki manfaat yang sangat banyak.

Kandungan Karbohidrat yang Sangat Tinggi pada Buah Pisang

Ternyata buah pisang merupakan tumbuhan yang kaya akan karbohidrat. Jumlah karbohidrat tersebut dapat membantu tubuh dengan sangat bermanfaat dalam hal kesehatan ataupun kecantikan. Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai makanan penunda lapar. 

Kandungan Protein yang Sangat Tinggi pada Buah Pisang

Protein diketahui sebagai nutrisi yang paling dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung proses metabolisme dalam tubuh manusia. Sayangnya, kebanyakan jenis konsumsi manusia saat ini sangat rendah protein dan lebih tinggi lemak. Buah pisang merupakan salah satu tumbuhan dengan kandungan protein yang cukup tinggi. Protein juga merupakan salah satu kandungan buah pisan
g yang menjadi alasan manfaat buah pisang sangatlah banyak.

Kandungan Serat yang Sangat Tinggi pada Buah Pisang

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, buah pisang memiliki kandungan serat yang jumlahnya cukup banyak. Serat sangat dibutuhkan oleh manusia untuk membantu memperlancar sistem pencernaan manusia.

Nah, sangat banyak kan kandungan gizi pada buah pisang. Buah sehat kaya khasiat dan baik untuk kesehatan.
Semoga Bermanfaat
Salam Sehat

No comments :

Post a Comment