Friday, March 24, 2017

Khasiat Buah Mengkudu (pace)

No comments :
Buah yang memiliki nama latin Morinda citrifolia atau dalam Bahasa Jawa disebut dengan Pace, Kemudu atau Kudu ini merupakan salah satu buah dengan 100 khasiat bagi kesehatan tubuh. Meski rasa dan baunya tidak sedap namun buah mengkudu mengandung sejumlah fitokimia, yaitu zat pada buah-buahan yang bisa mencegah penyakit. Jenis fitokimia yang ada didalam buah mengkudu antara lain asam lemak, lignan, alkaloida, beta-sitosterol, flavonoid, dan iridoid. Sebagian besar masyarakat di Indonesia percaya buah mengkudu berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit, seperti pilek, sakit kepala, maag, diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi, rematik, alergi, infeksi, peradangan, gangguan pencernaan, penyakit jantung, psoriasis, kanker dan lain-lain.

Khasiat Buah Mengkudu

Berdasarkan pada medis melalui berbagai penelitian mengenai apa saja khasiat dari buah yang tumbuh liar dan banyak tidak disukai ini. Berbagai penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan mengkudu sebagai obat herbal antara lain :
§  Kanker, mengkudu dapat meningkatkan energi dan penanganan rasa sakit pda penderita kanker. Untuk mengobati penyakit ini direkomendasikan mengkonsumsi 6-8 gram mengkudu setiap hari.
§  Mengingkatkan Stamina, buah ini dapat dimanfaatkan oleh seorang pelari jarak jauh dengan minum jus mengkudu yang dikombinasikan dengan anggur dan blackberry selama 21 hari.
§  Gangguan Pendengaran, seorang wanita yang mengalami gangguan pendengaran merasa pendengarannya membaik setelah meminum jus mengkudu sebanyak 4 ons setiap hari dalam kurun waku tiga bulan.
§  Tekanan darah Tinggi, sebuah penelitian menunjukan bahwa meminum 4ons jus mengkudu setiap hari dalam waktu sebulan akan mengurangi  tekanan darah tinggi.
§  Mual Akibat Operasi, setelah operasi biasanya pasien akan merasa pusing dan mual. Buah mengkudu dapat dimanfaatkan untuk mengurangi mual pasca operasi. Akan tetapi tidak dapat dipastikan dapat mengurangi muntah-muntah.
§  Osteoartritis, untuk mengurangi rasa sakit pada penderita osteoartritis buah mengkudu dapat digunakan dengan meminum jus mengkudu Tahitian sebanyak 3ons setiap hari selama 5  bulan.
Layaknya obat-obat herbal yang lain sudah barang tentu memiliki efek samping. Apabila buah mengkudu yang dikonsumsi berasal dari buah asli masih terjamin keamanannya namun apabila sudah dalam bentuk kapsul maka perlu untuk diragukan. Dalam mengkonsumsi buah mengkudu terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan : a. Ibu hamil dan menyusui, oleh masyarakat awam mengkudu memang dipercaya dapat menggugurkan janin seoarang wanita yang sedang hamil. Maka dari itu hindari buah ini apabila anda sedang hamil atau menyusui. b. Memiliki penyakit organ hati, beberapa laporan menyatakan bahwa seseorang yang mengkonsumsi mengkudu mengalami kerusakan organ hati. Namun belum ada kepastian apakah benar bahwa kerusakan yang terjadi akibat mengkonsumsi mengkudu. Maka dari itu, lebih baik menghindari buah mengkudu apabila seseorang memiliki penyakit bagian organ hati.


Demikian khasiat buah mengkudu bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

No comments :

Post a Comment