Monday, March 27, 2017

Pisang... Apa Manfaatnya?

No comments :


Tahu nggak sih ternyata selain enak buah pisang juga memilki banyak khasiat atau manfaat untuk kesehatan lho...Nggak percaya? Ayo kita simak artikel berikut ini.

Pisang... Apa manfaatnya?
    Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini. Buah ini merupakan salah satu buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Buah yang cukup akrab dengan kehidupan masyarakat ini selain dapat dimakan sebagai buah, buah ini juga dapat diolah menjadi makanan kecil lainnya, misalnya pisang molen, piscok, es pisang ijo, kolak, pisang goreng dan berbagai olahan lainnya. 
         
          Buah berwarna kuning ini ternyata juga memilki banyak khasiat untuk kesehatan. Berikut beberapa khasiat atau manfaat buah pisang untuk kesehatan: 
1.        Kaya akan kandungan vitamin dan serat
Dibandingkan dengan buah apel, buah pisang memiliki kandungan 2 kali karbohidrat dan 5 kali vitamin A.
2.        Sumber energi dan dapat menurunkan berat badan
Mengkonsumsi 2 buah pisang setiap hari dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan meningkatkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu buah pisang juga dapat membantu menurunkan berat badan, hal ini karena kalori yang terkandung di dalamnya relatif rendah.
3.        Mengatasi Diabetes
Bagi penderita diabetes, pisang dapat digunakan sebagai makanan tambahan. Salah satunnya yaitu jenis pisang khas daerah Gorontalo yaitu pisang goroho yang diolah dengan cara dikukus lalu dicampur dengan kelapa muda parut.
4.        Mengobati sakit maag
Buah pisang juga memilki kandungan zat penangkal asam dalam tubuh, sehingga dapat dikonsumsi untuk meredakan maag.
5.        Mengatasi anemia
Bagi penderita anemia, buah ini juga dapat dijadikan solusi aatau alternatif untuk meningkatkan sel darah merah. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi.
6.        Mencegah penyakit jantung
Pisang memilki kandungan vitamin C dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan serta dapat mencegah proses oksidasi lemak. Selain itu kalium yang terkandung di dalamnya juga merupakan tonik yang baik untuk kesehatan jantung. Serta serat pektin juga dapat menurunkan kolestrol.
7.        Memperlancar sistem pencernaan
Dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin dapat memperlancar sistem pencernaan. Sehingga nutrisi yang terkandung dalam makanan dapat diserap secara optimal.
8.        Melancarkan peredaran darah
Kandungan kalium dan potasium dalam buah pisang dapat membantu sirkulasi tubuh. Hal ini menyebabkan peredaran oksigen ke otak menjadi lancar. Kalium yang terkandung di dalamnya juga berfungsi untuk memperlancar denyut jantung, mengurangi resiko terserang stroke dan mengatur tekanan darah.
9.        Menghilangkan jerawat dan menghaluskan kulit wajah
Selain berguna untuk kesehatan, buah ini juga dapat digunakan untuk kecantikan, diantaranya yaitu untuk mengobati jerawat dan menghaluskan kulit wajah.Untuk mengobati jerawat, langkah pertama yaitu dengan mnghncurkan daging buah pisang, lalu oleskan pada kulit yang berjerawat dan diamkan beberapa menit dan basuh dengan air. Ulangi selama beberapa hari sampai jerawat hilang.Untuk menghaluskan kulit, caranya tidak jauh berbeda yaitu dengan menghancurkan daging buah pisang, lalu tambahkan sesendok madu. Gunakan sebagai masker, secara rutin maka kulit wajah akan menjadi halus.

Itulah beberapa manfaat buah pisang unntuk kesehatan. Sebenarnya jika dikupas lebih lanjut, masih banyak manfaat buah pisang lainnya. Jadi untuk Anda para penggemar buah pisang jangan ragu lagi untuk mengonsumsi buah ini secara rutin, karena selain enak juga baik untuk kesehatan.
*Semoga bermanfaat.

No comments :

Post a Comment