Thursday, March 30, 2017

Bawang Putih Mencegah Kanker

No comments :


12 khasiat bawang putih untuk kesehatan dan kulit yang sudah teruji
 


Manfaat bawang putih banyak dirasakan untuk kehidupan sehari-hari. Bawang putih termasuk keluarga umbi-umbian. Bawang putih biasanya sebagai bumbu masakan dan sudah terkenal di dunia. Herbal ini populer karena kemampuannya dalam mencegah kanker. Hanya saja aroma yang menyengat membuat tanaman tidak banyak dikonsumsi langsung, melainkan hanya sebagai bumbu, sehingga hanya dalam jumlah sedikit bawang putih kita konsumsi. Hampir semua bahan-bahan alami mempunyai khasiat masing-masing dalam tubuh. Begitu juga dengan bawang putih, namun sebelum membahas manfaatnya, ada baiknya kita mengetahui kandungan nutrisi menarik dalam bawang putih.

1. Memiliki senyawa Allicin

Bawang putih adalah tanaman yang sudah digunakan sejak zaman mesir kuno, mengandung allicin yang digunakan untuk obat. Allicin/ senyawa sulfur merupakan salah satu komponen biologis aktif yang paling utama dan besar kandungannya dalam bawang putih. Apa fungsi dari allicin ini ? allicin merupakan zat anti bakteri yang terkandung dalam bawang putih. Zat ini lah yang membuat ciri khas pada bau bawang putih. Berbagai riset sudah dilakukan terhadap zat ini dan terbukti mempunyai efek penting untuk beberapa isu kesehatan: menurunkan berat badan, mengencerkan darah, mencegah hipertensi, zat anti kanker, antioksidan, dan anti anti mikroba/bakteri.

2. Herbal anti kanker

Luar baisaaa, setidaknya itulah ungkapan dari para peneliti ketika meneliti khasiat bawang putih untuk penyakit paling berbahaya kanker. Bawang putih pantas disebut sebagai herbal/tanaman anti kanker, kandungan sulfida alil yang menyebabkan sebagai herbal anti kanker. Salah satu bukti nyata para peneliti yang menemukan kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina heterosiklik (HCA) yang merupakan zat yang dapat memicu kanker payudara bagi perempuan. Penlitian sudah dilakukan bahwa zat diallyl sulfida yang terdapat dalam bawang putih dapat menghambat pertumbuhan dan transformasi PhIP menjadi karsinogen yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker payudara.

3. Ampuh menurunkan tekanan darah tinggi

Sudah banyak riset yang mengeluarkan fakta bahwa bawang putih sangat efektif menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8% (Sumber : WebMD). Bahkan efek dari bawang putih ini menurunkan tekanan darah pada orang normal.  

4. Kaya akan nutrisi dan rendah kalori

Bawang putih sangat tinggi kandungan vitamin C dan Kalsium serta zat besi. Berikut adalah ringkasan dari nutrisi yang diberikan oleh bawang putih per 136 Gr bawang putih: Vitamin C; Memenuhi 71 % kebutuhan harian, kalsium; Memenuhi 25 % kebutuhan harian, besi; Memenuhi 13 % kebutuhan harian, karbohidrat (45 gr); 15 % kebutuhan harian, serat (3 g); memenuhi 11 % kebutuhan harian. Nutrisi yang terdapat dalam kandungan bawang putih ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, namun uniknya ia tidak mengandung zat atau nutrisi yang mungkin berbahaya bagi tubuh jika terlalu besar seperti lemak jenuh dan kalori.

5. Sumber Antivirus/anti bakteri/ Antioksidan

bawang putih dikenal sebagai anti virus dan bakteri, zat yang terkandung dalam bawang putih ini dapat membantu mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi, dan virus serta cacing dalam tubuh.

6. Ampuh memangkas kolesterol jahat (LDL)

Mampu memangkas LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh secara signifikan, berbagai riset membuktikan bahwa ia dapat memangkas LDL sebanyak 10-15%. Jangan khawatir dengan HDL (kolesterol baik) anda, walaupun bawang putih ampuh untuk menurunkan LDL, tapi tidak mempunyai efek berarti bagi HDL, sehingga akan tetap sehat. Produksi insulin dapat dipacu bengan mengkonsumsi bawang putih, hal ini sama seperti manfaat kopi yang dikonsumsi dengan bijak. Peningkatan insulin ini mengurangi kadar gula dalam darah.

7. Ingin umur panjang?

Umur manusia hanya tuhan yang tahu, namun jika bawang ptuih dikonsumsi dengan rutin akan menghasilkan hasil yang maksimal bahkan dapat memperpanjang umur dan awet muda sehingga hidup tetap sehat dan bahagia. Berikut beberapa pertimbangannya.
1.       Menghindari kanker, pembunuh utama di dunia
  1. Menghindari penyakit jantung dengan kemampuan memangkas LDL dalam darah.
  2. Mengurangi tekanan darah tinggi
  3. Anti oksidan + Anti Bakteri + Anti Virus
8. Bawang putih efektif untuk kecantikan kulit:
      a. membersihkan komedo. Komedo sering muncul dibagian hidung dan menggangu penampilan. Cukup haluskan bawang putih, lalu oleskan pada bagian yang dihinggapi komedo.
  1. Menghilangkan noda bekas luka. Bekas luka membuat kurangnya rasa percaya diri bagi yang memlikinya. Manfaat bawang putih, memberikan sifat anti radang yang dapat membersihkan sisa luka pada kulit. Oleskan bawang putih pada bagian noda luka tersebut.
  2. Obat jerawat. Satu siung bawang putih yang dihaluskan lalu oleskan pada permukaan kulit yang terdapat jerawat, kemudian diamkan 10 menit atau gunakan saat sebelum tidur. Keesokan harinya, jerawat akan mengempes dan lebih kecil, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.

9. Mencegah demensia dan penyakit Alzheimer

Kok bisa bawang putih dapat mencegah penyakit syaraf seperti demensia dan alzheimer ini ? Kerusakan syaraf atau oksidatif yang disebabkan radikal bebas sangat berperan pada proses penuaan dini. Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.

10. Bawang putih dapat memangkas berat badan

Riset sudah menemukan zat anti inflamasi dalam bawang putih dapat membantu mengatur sel lemak yang terbentuk dalam tubuh kita. Obesitas atau berat badan terjadi saat lemak terus terbentuk, tahapan ini mengubah Pre-adiposit menjadi sel-sel lemak (adipocytes) melalui proses yang disebut sistem inflamasi. Vinyldithiin zat dalam bawang putih dapat membantu menghambat terjadinya proses inflamasi tentu baik untuk mencegah berat badan .

11. Menghilangkan sakit gigi sangat ampuh

Bawang putih dapat bermanfaat ketika mengalami sakit gigi, benarkah ?? mengapa ? Sakit gigi secara umum disebabkan oleh bakteri. Sifat anti virus serta bakteri yang ada pada bawang putih dapat membasmi dan menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi. Selain bawang putih juga memiliki kandungan analgesik yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi.

12. Meningkatkan metabolisme zat besi

Riset mengenai bawang putih sudah menunjukkan bahwa ampuh dalam meningkatkan metabolisme zat besi. Zat besi tersimpan dalam sel pada tubuh kita,  selanjutnya adalah pemindahan keluar dari sel dan kembali dalam sirkulasi tubuh yang tentu membutuhkan protein yang disebut ferroportin. Ferroportin adalah protein yang berjalan melintasi membran sel, dan menyediakan penghubung/jalan untuk zat besi saat menyeberang dan meninggalkan sel. Bawang putih dapat meningkatkan produksi protein sehingga membantu menjaga zat besi yang beredar dalam tubuh sesuai kebutuhan.

No comments :

Post a Comment